PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK BRAIN-STORMING PADA MATERI KEBUTUHAN MANUSIA

Shaleh Aksa

Sari


ABSTRAK

Salah satu penyebab rendahnya prestasi siswa dalam memahami materi kebutuhan manusia adalah penggunaan metode mengajar. Dalam pelaksanaan pembelajaran, guru sering menggunakan pendekatan konvensional sehingga proses pembelajaran hanya berorientasi pada guru semata dan kurang melibatkan siswa secara aktif dalam membangun pengetahuan ekonomi mereka sendiri. Di samping itu guru mengajar hanya menyampaikan apa yang ada di buku paket dan kurang mengkomodasi kemampuan berpikir siswa sehingga materi-materi ekonomi yang diajarkan akan sulit dipahami oleh siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka ditawarkan suatu model pembelajaran yang sesuai dengan tingkat berpikir siswa dalam kebutuhan manusia yaitu dengan menggunakan teknik Brain-Storming. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran dengan menggunakan teknik Brain-Storming yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Peusangan dalam memahami kebutuhan manusia.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas, yang pelaksanaannya dilakukan dalam satu tindakan yaitu pada materi kebutuhan manusia. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII4 SMP Negeri 3 Peusangan yang berjumlah 34 orang siswa. Data yang diperlukan dalam penelitian ini dikumpulkan melalui tes awal, observasi, tes akhir, wawancara dan catatan lapangan. Dan setelah data terkumpul maka dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh dari analisis data menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran dengan menggunakan teknik Brain-Storming dapat: (1) meningkatkan prestasi belajar siswa, (2) membuat siswa lebih senang dan aktif dalam belajar.

Kata Kunci: Prestasi Belajat dan Brain Storming


PENDAHULUAN

Salah satu permasalahan pendidikan yang dihadapi bangsa Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang dan satuan pendidikan, khususnya pendidikan menengah dan atas. Berbagai usaha telah dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional, antara lain melalui berbagai pelatihan dan peningkatan kompetensi guru, pengadaan buku dan alat pelajaran, sarana dan prasarana pendidikan dan peningkatan mutu manajemen sekolah. Namun demikian berbagai indikator mutu pendidikan belum menunjukkan peningkatan yang berarti.

Dalam setiap pembelajaran guru tentu mempunyai keinginan dan harapan agar siswanya dapat memperoleh hasil belajar yang baik sesuai dengan tujuan pembelajaran. Namun kenyataannya tidak semua siswa dapat mencapai hasil belajar secara maksimum. Guru ekonomi pada umumnya menyadari bahwa ekonomi bukanlah mata pelajaran yang mudah bagi kebanyakan siswa. Sering terjadi kesalahan konsep, prinsip, dan pendekatan dalam pembelajaran ekonomi. Satu hal yang sering terjadi sekarang adalah pelaksanaan proses belajar mengajar ekonomi di sekolah hanya berorientasi pada guru semata dan kurang melibatkan siswa.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Adurrahman. 2004. Mengembangkan Metode Belajar yang Baik pada Anak. Yogyakarta: FMIPA UGM

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekata Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2002. Kurikulum dan Pembelajaran Bereoentasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana Prenada Media Group.

Hudoyo. 2001. Strategi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Karwono. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Wacana Prima

Nurhadi. 2007. IPS Ekonomi SMP Jilid 2 Untuk Kelas VIII. Erlangga

Miles, M.B & Huberman, A.M, 2000. Analisis Data Kualitatif (Terjemahan dari Tjetjep Rohidi). Jakarta: Universitas

Nurhadi. 2007. IPS Ekonomi SMP Jilid 2 Untuk Kelas VIII. Erlangga

Purwanto, M. Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Raneka Cipta.

Sumanto. 2001. Belajar dan pembelajaran. Jakarta:Rineka Cipta

Sumanto, 2001. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Surakarta. Mefi Carata.

Tabrani. 2005. Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta

Usman, 2001. Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta

Usman, 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Darussalam: Universitas Syiah Kuala.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.