EFEK PEMBERIAN BROMELAIN PADA PAKAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP BENIH IKAN NILA HITAM (Oreochromis niloticus Bleeker)

Azwar Thaib

Sari


ABSTRAK

Budidaya ikan nila hitam (Oreochromis niloticus Bleeker) mempunyai prospek yang baik,  karena mempunyai kemampuan beradaptasi yang baik.  Dalam usaha budidaya memiliki beberapa kendala diantaranya, ketersediaan benih unggul dengan pertumbuhan yang cepat dan kemampuan pengendalian hama penyakit. Pertumbuhan akan terjadi apabila didukung dengan pakan yang memiliki nutrisi dan nilai kecernaan yang tinggi. Bromelain adalah enzim protease yang mempunyai sifat menghidrolisis protein dengan jalan memutuskan ikatan peptida dan menghasilkan protein yang lebih sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek pemberian bromelain pada pakan terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup benih ikan nila hitam. Rancangan percoban yang digunakan dalam penelitian ini ialah rancangan acak lengkap dengan 5 perlakuan dan 3 ulangan dengan dosis 0 ppm, 100 ppm, 200 ppm, 300 ppm, 400 ppm.  Penelitian ini  menggunakan  wadah jaring dengan diameter 60 cm dan tinggi 90 cm. Bahan uji yang digunakan berupa benih ikan nila hitam berukuran 2-3 cm sebanyak 45 ekor perwadah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian bromelain dengan dosis yang berbeda dalam pakan tidak memberi pengaruh nyata terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup benih ikan nila hitam, namun pada setiap perlakuan memperlihatkan adanya pertumbuhan yang diukur dalam setiap minggunya.

Kata kunci: Bromelain, Hidrolisis, Nila hitam, Pertumbuhan


PENDAHULUAN

Budidaya ikan nila (Oreochromis niloticus) mempunyai prospek yang baik,  dikarenakan mempunyai kemampuan beradaptasi yang baik diberbagai jenis air, tahan terhadap perubahan lingkungan, tahan terhadap serangan penyakit, dan bersifat omnivora. Produksi ikan nila di Aceh mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Menurut Kementrian Kelautan dan Perikanan (2011) produksi ikan nila tahun 2009 berjumlah 32.389 ton dan mengalami kenaikan pada tahun 2010 menjadi 46.191 ton, serta pada tahun 2011 jumlah produksi juga mengalami peningkatan menjadi 48.440 ton.

Pembenihan dan pembesaran ikan nila memiliki beberapa kendala diantaranya, kurangnya kesediaan benih unggul dengan pertumbuhan yang cepat dan pengendalian hama penyakit. Terjadinya pertumbuhan apabila adanya kelebihan energi setelah penggunaan untuk pemeliharaan tubuh, metabolisme, dan aktivitas. Pertumbuhan akan terjadi apabila didukung dengan pakan yang digunakan memiliki nutrisi dan nilai kecernaan yang tinggi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Amalia. 2013. Pengaruh penggunaan papain terhadap tingkat pemanfatan protein pakan dan pertumbuhan lele dumbo (Clarias gariepinus).

Arafat, M.Y, Abdulgani, N. Dan Devianto, R.D. 2015. Pengaruh Penambahan Enzim Pakan Pada Ikan Terhadap Pertumbuhan Ikan Nila (Oreochromis niloticus). Jurnal Sains dan Seni Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Vol 4,No.1, 2015

Azaza, M. S. Dhraief, M. N. Kraiem, M. M. 2008. Efffects of Water Temperature on growth and sex ratio of Juvenile Nile tilapia Oreochromis niloticus (Linnaeus) reared in geothermal waters in southern Tunisia. Journal of Thermal Biology, 33(2): 98-105.

BSN. 2009. Badan Standardisasi Nasional. Benih Ikan Nila Hitam (Oreochromis niloticus Bleeker) Kelas Benih Sebar. SNI 6140:2009

El-Sayed, A. F. M. 2006. Tilapia Culture. Oceanography Department, Faculty of Science, Alexandria University, Egypt. In: Ezzat, S.M. Korashey, R.M. and Sherif, M.M. 2012. The Economical Value of Nile Tilapia Fish “ Oreochromis niloticus” in Relation to Water Quality of lake Nasser, Egypt. Journal American science, 8(9): 234-247.

Haryono. J. Khoir, T. Erwanto. 2001. Laporan teknis. Pertumbuhan Nila Gift Yang Diberi Pakan Dengan Sumber Protein Hewani Berbeda.

Heru, A. 2011. Pengaruh Pemberian Pakan Buatan Dengan Frekuensi Yang Berbeda Terhadap Pertumbuhan Dan Kelangsungan Hidup Benih Ikan Nila Gift Oreochromis niloticus. Skripsi. Program Studi Budidaya Perairan. Fakultas Perikanan. Universitas Abulyatama. Aceh Besar. Hal 19

Nisrinah, Subandiyono dan T. Elfitasari. 2013. Pengaruh Pemberian Bromelin Terhadap Tingkat Pemanfaatan Protein Pakan dan Pertumbuhan Lele Dumbo (Clarias gariepinus). Journal of Aquaculture Management and Technology. 2(2) : 57-63.

Oktavia. R. 2013. Karakterisasi Enzim Bromelain Yang Di Amobilisasi Dalam Agar Komersial. Skripsi. Program studi Kimia FMIPA. Universitas Negri Malang.

Padayatty, S.J. Katz, A. Wang, Y. Eck, P. Kwon, O. And Lee, J.H. 2003. Vitamin C as an Antioxidant Evaluation of its role in Disrese Prevention. Journal of the American Collage of Nutrition, 22(1) : 18-35.

Putri, S.K. 2012. Pemberian Enzim Bromelelain Untuk Meningkatkan Pemanfaatan Protein Pakan Dan Pertumbuhsn Benih Ikan Nila Larasati (Oreochromis niloticus var). Jurnal of Aquaculturc Management and Technology Vol I. No I. Hlm 63-76.

Subandiyono dan S. Hastuti. 2010. Buku ajar Nutrisi ikan. Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Universitas Diponogoro, Semarang. 233 hal.

Sebayang, F. 2006. Pengujian Stabilitas Enzim Bromelain yang Diisolasi dari Bongol Nanas Serta Imobilisasi Menggunakan Kappa Karagenan. Jurnal Sains Kimia Universitas Sumatra Utara Vol 10,No.1, 2006: 20-26.

Setiawati. 2007. Penggunaan Lemak Patin dalam Pakan Ikan Nila (Oreochromis niloticus). Jurnal Akuakultur Indonesia Institut Pertanian Bogor (IPB) 6 (1) : 89-95.

Toch, B. N., Wang, Z., Xu, S. & Zhang, W. 2008. Therapeutic Application of Pineapple Protease (Bromelain): A Review. Pakistan Journal of Nutrition, 7 (4) : 513-520.

Wardani, P.K. 2014. Pemberian Beberapa Dosis Enzim Pada Pakan Komersial Terhadap Kandungan Serat Kasar, Bahan Organik dan BETN. Skripsi. Program studi budidaya perairan. Fakultas perikanan dan Kelautan. Universitas Airlangga. Surabaya. Hal 27.

Wuryanti. 2006. Amobilisasi Enzim Bromelin dari Bonggol Nanas dengan Bahan Pendukung (Support) Karagenan Dari Rumput Laut (Euchema cottonii). Jurnal Sains Kimia, Vol IX. No.3.


Refbacks

  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »