ANALISA STRATEGI BAURAN PEMASARAN TERHADAP MOTIVASI PENGUNJUNG PADA OBJEK WISATA ALAM DANAU LUTH TAWAR DI TAKENGON ACEH TENGAH

Sumanti .

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini, ingin mengkaji analisa strategi bauran pemasaran terhadap motivasi pengunjung pada objek wisata alam danau luth tawar di Takengon (Aceh Tengah). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi bauran pemasaran (marketing mix) terhadap motivasi pengunjung di objek wisata danau luth tawar. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. mengunakan Quesioner yang digunakan adalah quesioner tertutup, dimana responden tidak diberi kesempatan untuk menjawab dengan kata-kata sendiri. Responden tinggal memilih jawaban yang disediakan dengan menggunakan skala likert. Populasi penelitian ini tidak diketahui jumlahnya, maka teknik sampel yang peneliti gunakan adalah teknik sampling aksidental yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan faktor spontanitas, artinya siapa saja yang secara tidak sengaja bertemu dengan peneliti dan sesuai dengan karakteristik (ciri-cirinya), maka orang tersebut dapat digunakan sebagai sampel (responden). Hasil penelitian yang dianalisis dengan mengunakan analisis jalur (Path Analysis) untuk meringkas menjadi struktur data yang sederhana diinterpretasikan dan diklasifikasikan menjadi 2 faktor yang dominan mempengaruhi motivasi pengunjung Objek Wisata Danau Lauth Tawar Kabupaten Aceh Tengah. Variabel-variabel yang berpengaruh terhadap motivasi pengunjung adalah: Produk berpengaruh secara signifikan baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap motivasi pengunjung Objek Wisata Danau Lauth Tawar Kabupaten Aceh Tengah, Harga juga berpengaruh secara signifikan baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap motivasi pengunjung Objek Wisata Danau Lauth Tawar Kabupaten Aceh Tengah, Promosi berpengaruh secara signifikan baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap motivasi pengunjung Objek Wisata Danau Lauth Tawar Kabupaten Aceh Tengah, Distribusi juga berpengaruh secara signifikan baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap motivasi pengunjung Objek Wisata Danau Lauth Tawar Kabupaten Aceh Tengah.

Kata Kunci: Marketing Mix, Danau Luth Tawar, dan Motivasi.

PENDAHULUAN


Indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki pesona objek wisata yang terkenal diseluruh negara didunia. Hal ini terlihat dari tingkat kunjungan wisatwan mancanegara yang datang ke indonesia. Berbagai bentuk keindahan alam, pesona laut, kuliner, budaya, adat istiadat merupakan keunikan yang dimiliki bangsa indonesia, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Suatu daerah wisata tidak akan berkembang apabila tidak ada promosi dan pemasaran yang dilakukan oleh pihak pengelola objek wisata. Melalui promosi inilah orang banyak tahu tentang produk industri pariwisata yang ada pada suatu daerah tujuan wisata.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi, (2007) Prosedur Penelitian suatu pendekan Praktis, Rineka Cipta, Jakarta.

Alman bukhari. 2007. PengantarBisnis. Bandung : Alfaneta.

Buchari Alma. (2007). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Kotler, Philip. 2006. Manajamen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks.

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Sugiyono, (2007), Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung.

Alman bukhari. 2007. PengantarBisnis. Bandung : Alfaneta.


Refbacks

  • »