PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SIRUP CAP BUNGA PADI DI MEUNASAH REULEUT KABUPATEN BIREUEN

Denni Firmansyah

Sari


ABSTRAK

Produk merupakan segala sesuatu yang ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, dibeli, dipergunakan dan yang dapat memuaskan keinginan dan kebutuhan konsumen. Sirup Cap Bunga Padi adalah salah satu produk yang ada di Kabupaten Bireuen. Dalam memasarkan suatu produk tentu saja ada hambatan yang membuat suatu produk tidak mendapat perhatian, atau hambatan lainnya yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan oleh konsumen. Penelitian ini mengunakan metode kuantitatif dengan bantuan SPSS, dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Data dikumpulkan dengan mengisi kuisioner, data tersebut diolah secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil regresi secara parsial (T), maka diketahui variabel produk (X1) memiliki nilai thitung sebesar 2,624, variabel harga (X2) memiliki nilai thitung sebesar 2,787, variabel tempat/distribusi (X3) memiliki nilai thitung sebesar 3,779, dan variabel promosi (X4) memiliki nilai thitung sebesar 2,712, sedangkan ttabel adalah 1,984, hal ini berarti thitung > ttabel, maka hasil penelitian menolak H0 dan terima Ha. Berdasarkan hasil regresi secara simultan (F), maka dapat dijelaskan bahwa Fhitung adalah sebesar 7,454 berada pada tingkat signifikansi 0.000. Sedangkan Ftabel pada tingakat α = 5% adalah 3,090. Maka dapat ditulis 7.454 > 3.090. Hasil penelitian menerima Ha dan menolak H0, yang bermakna bahwa secara simultan variabel produk, harga, tempat, dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian terhadap Sirup Cap Bunga Padi.

Kata Kunci: Produk, Harga, Tempat, Promosi, Keputusan Pembelian


PENDAHULUAN

Produk yang memiliki kualitas yang baik akan mudah untuk dipasarkan sehingga akan mampu menghasilkan keuntungan bagi perusahaan dan memuaskan konsumen ketika mengkonsumsi produk tersebut.

Keputusan Pemasaran selalu berhubungan dengan konsumen. sehingga Konsep pemasaran sekarang ini menjadi lebih ketat dalam bersaing untuk mengambil simpati para konsumen dan mempengaruhi para calon konsumen.

Pertimbangan mereka untuk dapat menerima produk yang dihasilkan sehingga dapat berpengaruh pada perilaku konsumen dan pengambilan keputusan mereka. Pemahaman akan perilaku konsumen sangat penting bagi perusahaan untuk mengetahui perubahan yang terjadi pada konsumen. Keputusan konsumen dalam pembelian sangat beragam karena konsumen berasal dari beberapa kalangan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. 2002. Prosedur Suatu Penelitian: Pendekatan Praktek. Edisi Revisi. Kelima. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Irianto, Agus. 2010. Statistika Konsep, Dasar, Aplikasi, dan Pengembangannya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran, Analisa perencanaan, Implementasi dan control, Edisi Kesembilan, Jilid 1 dan Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Kotler and Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi. 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Laksito. 2012. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Sirup ABC di Jaten Karanganyar. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Mangkunegara. 2009. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung: Penerbit Refika Aditama.

Stanton, William. 1996. Prinsip Pemasaran (Terjemahan). Edisi 7 Jilid 1. Erlangga. Jakarta.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen. Bogor: Ghalia Indonesia.

Tjiptono. 1999. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Cetakan ketiga Andi Offset.

Tjiptono. 2001. Manajemen Jasa. Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono. 2008. Strategi Bisnis Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Winardi. 2006. Manajemen Perilaku Organisasi. Edisi Revisi. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • »
  • »