PENGARUH PEMANFAATAN BUKU PERPUSTAKAAN BIDANG EKONOMI TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SEMESTER 1 SISWA SMA NEGERI I SIMPANG MAMPLAM KABUPATEN BIREUEN ACEH

Marwan Hamid

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini berjudul ”Pengaruh Pemanfaatan Buku-buku Perpustakaan Bidang Ekonomi Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Semester 1 Siswa SMA Negeri 1 Simpang Mamplam Kabupaten Bireuen”. Penelitian dilaksanakan di SMA 1 Simpang Mamplam yang berjumlah 22 orang. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui Pengaruh Pemanfaatan Buku-buku Perpustakaan Bidang Ekonomi Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Semester 1 Siswa SMA Negeri 1 Simpang Mamplam Kabupaten Bireuen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan rancangan penelitian Paradikma sederhana. Pengambilan data dilakukan pada bulan Mai 2015 tahun ajaran 2014/2015 dengan menggunakan observasi, pembagian angket kepada siswa, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat Pengaruh positif Pemanfaatan Buku-buku Perpustakaan Bidang Ekonomi Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Semester 1 Siswa SMA Negeri 1 Simpang Mamplam Kabupaten Bireuen yaitu dapat di lihat dari hasil rapot siswa pada pelajaran ekonomi dan juga dilihat dari hasil respon angket yang dibagikan terhadap. Dari hasil analisis data dengan menggunakan rumus korelasi diperoleh skor 0,60 yang termasuk dalam kategori kuat.

Kata kunci: Pemanfaatan buku perpustakaan, Hasil Belajar.


PENDAHULUAN

Perpustakaan merupakan pusat interaksi siswa dengan buku, sehingga perpustakaan sangat penting dalam proses belajar. Kenyamanan dan kelengkapan koleksi buku adalah syarat mutlak untuk meningkatkan kemauan dan kemampuan belajar siswa. Sehingga, diperlukan pengelolaan perpustakaan yang serius mengenai penataan perpustakaan. Karena hal ini akan mempengaruhi minat siswa untuk belajar khususnya belajar di perpustakaan dengan berbagai fasilitas dan layanan yang tersedia di perpustakaan termasuk bahan literatur, jurnal, dan majalah, hasil-hasil penelitian serta ada juga aktifitas kebudayaan.

Upaya penyelengaraan perpustakaan sekolah merupakan upaya untuk memelihara dan meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses belajar mengajar. Hal ini karena pola pengajaran yang disebut sebagai keterbukaan informasi untuk memperoleh sebanyak-sebanyaknya ilmu pengetahuan hanya akan terlaksana jika siswa dapat memanfaatkan perpustakaan, guru memberikan pelajaran hanya secara garis besarnya saja, sedangkan untuk mendetailnya siswa diminta untuk mengolah buku-buku yang ada di perpustakaan dan kemudian mata pelajaran itu didiskusikan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT Grasindo Rineka.

Darmono 2007. Perpustakaan Sekolah Pendekatan Aspek Manajemen dan Tata Kerja. Jakarta: PT. Grasindo Rineka.

Endang, Sri Mastuti Dkk. 2012. Pengaruh pemanfaatan perpustaaan sekolah terhadap hasil belajar IPS siswa SMPN 18 Pontianak. FKIP Untan. Jurnal online (http://search.tb.ask.com/search/GGmain). Diakses pada 9 Maret 2015.

Gagne, Djamarah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Marlina. 2013. Peranan Perpustakaan dalam Menunjang Mutu Pendidikan. Jakarta: jurnal online (http://search.tb.ask.com/search/GGmain). Diakses pada 20 Maret 2015.

Morgan, Ratuman. 2004. Definisi Belajar. Lecturer.uin-Malang.ac.id/ /1590/2/083911073_Bab2.pdf

Muliadi, Harry. 2008. Pengaruh disiplin siswa dan fasilitas perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi. Semarang: UNNES. jurnal online (http://akhmadsudrajat.wordpress.com/downloads/). Diakses pada 9 Maret 2015

Panitia Penyusun. 2013. Pedoman Penulisan Skripsi. Bireuen: FKIP Umusim.

Sagala, Henry. E. Garet. 2007. Konsep dan Mata Pelajaran. Bandung: Alfabeta

Setyosari, Punaji. 2013. Ranah Kognitif dalam Pembelajaran. Malang: Unmal.

Sudjana, Nana. 1989. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensido Offset

Sugiyono. (2012). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Undang-undang 2007. Republik Indonesia, nomer, 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan, Yogyakarta: Pustaka Timur.

Wardani, Dimyati. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

http://www.referensimakalah.com/2012/10/pengertian-hasil-belajar.html. diakses 03 Februari 2015.


Refbacks

  • »
  • »
  • »
  • »