PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN MACAM GAYA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI

Mariani .

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini berjudul "Penerapan Model Inquiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Murid Kelas V SD Negeri 6 JeumpaPada Pokok Bahasan Macam-Macam Gaya", yang bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar murid, aktivitas guru dan murid serta respon murid kelas V SD Negeri 6 Jeumpa melalui model pembelajaran Inquiri pada konsep macam-macam gaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu suatu metode penelitian yang dilakukan dengan proses pembelajaran di kelas. Sebanyak 20 murid terlibat dalam penelitian ini. Data yang di kumpulkan dalam penelitian ini adalah berupa hasil tes yang meliputi : tes akhir setiap siklus, hasil observasi yang meliputi hasil observasi kegiatan guru dan murid, hasil data pembagian angket respon terhadap murid dan yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah murid kelas V SD Negeri 6 Jeumpa yang berjumlah 20 orang murid. Berdasarkan hasil pengolahan data menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inquiri dapat meningkatkan hasil belajar murid pada pembelajaran macam gaya di kelas V SD Negeri 6 Jeumpa. Hal ini dapat dilihat dari tes siklus I terlihat bahwa 75% murid belum mencapai nilai ketuntasan minimal yang di tetapkan dan pada tes siklus II 90% murid sudah mencapai nilai ketuntasan minimal yang di tetapkan.Hasil observasi terhadap aktivitas guru dan murid pada siklus I dengan peersentase aktivitas guru yaitu 66,2% dan terjadi peningkatan pada siklus II iengan persentase menjadi 86,2%. sedangkan aktivitas murid pada siklus I dengan persentase 68,3% dan terjadi peningkatan pada siklus II dengan rersentase menjadi 86,6%. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Inquiri dapat meningkatkan hasil belajar murid kelas V SD Negeri 6 Jeumpa pada pokok bahasan macam-macam gaya.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Inquiri, Prestasi Belajar, Macam gaya


PENDAHULUAN

Pendidikan mempunyai potensi besar untuk menerapkan peran strategis dalam menyiapkan sumber daya manusia untuk menghadapi era industrialisasi dan globalisasi. Potensi ini dapat terwujud jika pendidikan mampu melahirkan peserta didik yang cakap dalam berpikir dan berhasil menumbuhkan kemampuan berpikir logis, bersifat kritis, kreatif, inisiatif dan adaptif terhadap perubahan dan perkembangan. Kualitas sumber daya manusia seperti ini menjamin keberhasilan dalam mengelola teknologi untuk pembangunan di Indonesia.

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual-keagamaan, pengendalian diri,

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati & Mudjiono. 2002. Belajar dan pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Haryanto. KTSP 2006- Sains IPA SD Kelas V. Erlangga: Jakarta

Moleong, J.Lexy.2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sanjaya. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada.

Suryo. 2002. Proses Belajar mengajar di Sekolah. Rineka Cipta: Jakarta

Tim Penyusun. 2008. Pedoman Penulisan Skripsi. Matangglumpangdua: FKIP AlMuslim

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • »