PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN LESSON STUDY PADA MATAKULIAH PENGANTAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)

Rahmi Novalita

Sari


Penelitian ini berawal dari masalah  kurangnya minat dan motivasi mahasiswa dalam proses pembelajaran. Disamping itu, mahasiswa menganggap materi pengantar IPS terlalu banyak, adanya  ketidakcocokan cara belajar mahasiswa dengan metode dosen dalam mengajar, merasa terganggunya kenyamanan mahasiswa dengan kondisi kelas yang ramai, kurangnya kebutuhan siswa pada ketersediaan buku paket pengantar IPS serta metode mengajar dosen yang kurang bervariatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguraikan peningkatan motivasi belajar mahasiswa melalui implementasi strategi pembelajaran lesson study pada matakuliah pengantar IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan dalam bentuk lesson study dengan subjek penelitian sebanyak 25 orang mahasiswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi. Alat pengumpul data melalui lembar observasi. Teknik analisa data menggunakan reduksi data, display dan penarikan kesimpulan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan motivasi belajat mahasiswa dalam menerapkan strategi pembelajaran lesson study pada matakuliah pengantar IPS.

Kata kunci: Motivasi Belajar dan Lesson Study


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hendayana, S.dkk. (2006). Lesson Study: Suatu Strategi untuk Meningkatkan keprofesionalan Pendidikan(Pengalaman IMSTEP-JIKA). Bandung: UPI Press

Novalita, Rahmi. 2014. Peningkatan Kemampuan Mahasiswa melalui Implementasi Starategi Pembelajaran. Jurnal Lentera Vol. 14. No. 10.

Nuraini Asriati. (2011). Pengembangan profesionalisme Dosen melalui Pelaksanaan Lesson Study dalam Pembelajaran Ilmu Sosial. Jurnal vol. 26 no. 2

Unzila, Ucha. 2014. Analisis Faktor Internal Penyebab Kesulitan Belajar pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IX (Studi Kasus di SMP Negeri 2 Kras Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi. Jurusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.