EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI PECAHAN DI KELAS VII MTSN TUNGKOP DARUSSALAM ACEH BESAR

Rahmi Wahyuni

Sari


Peningkatan prestasi belajar siswa dalam bidang studi matematika dapat diusahakan oleh guru melalui penerapan model mengajar yang sesuai dengan bahan yang diajarkan. Salah satu model yang dapat digunakan dalam mengajar matematika yaitu model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Model pembelajaran kooperatif  tipe TPS menekankan pada tiga aspek, (1) Think, (2) Pair, (3) Share. Berdasarkan hasil observasi awal di MTsN Tungkop, peneliti mendapatkan informasi bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS belum pernah di gunakan di MTsN Tungkop. Namun penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS belum diketahui keefektifannya di MTsN Tungkop. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran pecahan melalui model kooperatif tipe TPS di kelas VII MTsN Tungkop Darussalam Aceh Besar. Sampel penelitian ini adalah adalah siswa kelas VII-5 . Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini one-shot model dengan pre-eksperimental design jenis one shot case study. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket respon siswa, lembar observasi dan tes hasil belajar. Pengolahan data menggunakan persentase, Kriteria waktu ideal, dan deskripsi skor rata-rata terhadap kemampuan guru mengelola  pembelajaran, data aktifitas siswa, angket respon siswa dan tes ketuntasan belajar. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dapat didasarkan pada (1) Ketuntasan belajar, (2) Aktivitas siswa, (3) Respon siswa, (4) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dikatakan efektif jika paling sedikit tiga dari empat aspek tersebut terpenuhi dengan syarat ketuntasan hasil belajar terpenuhi (efektif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS efektif diterapkan pada materi Pecahan  di kelas VII-5 MTsN Tungkop. Hal ini dikarenakan hasil penelitian telah memenuhi tiga aspek dari empat aspek efektifitas dimana hasil belajar siswa sudah tuntas, kemampuan guru mengelola pembelajaran (berada dalam kriteria baik sampai sangat baik), respon siswa terhadap pembelajaran (positif), dan satu aspek yang tidak aktif adalah  aktivitas siswa.

Kata kunci: Efektivitas pembelajaran, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe THINK-PAIR-SHARE (TPS) dan  Pecahan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT RinekaCipta.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Isi Kurikilum Tingkat Satuan Pendidikan Dasar Menengah.Jakarta: BSNP.

Hermawati. 2007. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII E SMPN 14 Tegal dalam Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Johar, Rahmah dkk. 2006. Model-model dan Pendekatan Pembelajaran. Materi PLPG. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Kunandar. (2007). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta:PT RajaGrafindo Persada.

Novita, Rita. 2009. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) pada materi Trigonometri dikelas XI SMA Negeri 8 Banda Aceh. Banda Aceh: FKIP Unsyiah.

Sapa’at, Asep. (2007). Penggunaan Metafora dalam Pembelajaran Matematika. (Disampaikan di Sesi Pararel Konferensi Nasional Pendidikan Matematika II dan Dimuat di Jurnal Matematika & Pendidikan Matematika (ALGORITMA), Center of Mathematics Education Development, FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Vol. 2 No. 1 Juni 2007, ISSN: 1907-7882).

Siswono, Eko dkk. 2007. Matematika SMP dan MTs untuk Kelas VII. Jakarta: Esis.

Tim Pengajaran Micro. 2009. Pengajaran Mikro. Banda Aceh: Unsyiah.

Universitas Syiah Kuala. 2007. Pedoman Penulisan Skipsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala.

Widhiastuti, Putri. 2008. Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita pada Pelajaran Matematika Kelas VII Semester Ganjil SMP Tri Suskses Natar Tahun Pelajaran 2008-2009. http://luarsekolah.blogspot.com, diakses pada tanggal 28 Desember 2009.

Widyaningsih, Wahyu dkk. 2008. Cooperative Learning sebagai Model Pembelajaran Alternatif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. http://luarsekolah.blogspot.com, diakses pada tanggal 15 Maret 2009.

Zaini, T. 2006.Penguasaan Konsep Operasi Pecahan pada Siswa Kelas VII SMPN 8 Banda Aceh Tahun Ajaran 2005-2006. Skripsi. Banda Aceh: FKIP Unsyiah.

Zubaidah, Tuti dan Musafir Kumar. 2007. Implementasi Pembelajaran TPS (Think Pair Share) pada Mahasiswa Matematika FKIP UNSYIAH sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Pembuktian Tak Langsung dalam Geometri. Laporan hasil penelitian. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.