ANALISIS DISPARITAS PENDAPATAN ANTAR DAERAH DI PROVINSI ACEH DENGAN PENDEKATAN INDEKS KETIMPANGAN WILLIAMSON PERIODE TAHUN 2008-2011

Hakim Muttaqim

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis disparitas pendapatan antar daerah di provinsi Aceh menggunakan pendekatan indeks ketimpangan williamson pada periode tahun 2008-2011 yang datanya diperoleh dari data sekunder yaitu data realisasi pendapatan daerah setiap kabupaten yang diperoleh dari Badan Perencanaan Pembangunan daerah (BAPPEDA) dan Badan Pusat Statistik (BPS). Hasil Penelelitian diperoleh tingkat disparitas pendapatan terendah secara rata-rata maka Kabupaten Simeulu dan Aceh Singkil dengan indeks wiliamson sebesar 0,2248 dan 0,3564. Tingkat disparitas pendapatan tertingi dalam wilayah Provinsi Aceh secara rata-rata adalah Aceh Besar dan Aceh Utara dengan indeks Williamson sebesar 0,5869 dan 0,5723.

Kata kunci : Disparitas Pendapatan, Indeks Ketimpangan Williamson


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adelma. Irma. (2007). Pertumbuhan Ekonomi Negara Berkembang. Jakarta. Balai Pustaka

Dumairy (2006). Makroekonomi Modern : Perkembangan Pemikiran Dari Klasik Hingga Keynesian Baru, Jakarta. Penerbit PT. Raja Grafindo Persada.

Ikhsan. Maqim. (2005). Analisis Disparitas Pendapatan Antar Daerah di Jawa Barat. Jurnal Ekonomi.Volume VIII. Jakarta. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

Kuncoro. Mudrajad, (2004). Teori Pembangunan Ekonomi. Jakarta; Balai Pustaka

Safrizal, (2008). Ekonomi Regional, Teori dan Aplikasi. Padang. Baduose Media

Soelistyaningsih (2007). Pembangunan Ekonomi Edisi Kesembilan (Alih Bahasa oleh Haris Munandar dan Puji A.L.). Jakarta: Erlangga.

Tambunan. Tulus T.H. (2000). Transformasi Ekonomi di Indonesia : Teori dan Penemuan Empiris, Jakarta. Penerbit Salemba Empat.

Williamson (2005). Ekonomi Publik Untuk Keuangan dan Pembangunan Daerah. Edisi Pertama. Yogyakarta. ANDI

Wijaya, (2009). Pertumbuhan Ekonomi, Jakarta. Rineka Cipta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.