ANALISIS FAKTOR PROFESIONALISME APARATUR SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN ACEH BESAR (Studi Pada Faktor Kemampuan dan Performansi)

Rahmad Abdul Wahab

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian Profesionalisme Aparatur Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Besar (Studi Pada Faktor Kemampuan dan Performansi) dalam rangka pelaksanaan tugas pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan. Metode penelitian yang dipakai adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Profesionalisme aparatur pemerintah ini mencakup kemampuan dan performansi yang dilakukan oleh aparatur di Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Besar dalam pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan, serta fungsi dan tanggungjawabnya sebagai pilar pemerintah dalam mencapai tujuan pemerintahan. Profesionalisme aparatur pemerintah dilihat dari faktor kemampuan dan performansi aparatur di Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Besar secara umum dapat dikatakan masih rendah yang dipengaruhi oleh pemahaman visi dan misi organisasi, wewenang dan tanggung jawab dalam struktur organisasi, kepemimpinan dan pemberian penghargaan yang kurang selaras dengan tujuan organisasi. Hal-hal tersebut perlu mendapatkan perhatian serius untuk menentukan pencapaian tujuan organisasi. Pemerintah perlu melakukan sosialisasi yang mendalam dan penanaman kembali nilai-nilai atau bila diperlukan mendefinisikan ulang visi dan misi organisasi, pemilihan dan penempatan pemimpin dan pegawai yang sesuai dengan bidang keahlian, pemberian kesempatan bawahan untuk mengambil keputusan lapangan, pemberian insentif sesuai kebutuhan dan didasarkan pada keahlian atau prestasi serta memberikan motivasi dan kesempatan untuk menambah pengetahuan dan ketrampilan diharapkan dapat menumbuhkan responsifitas dan inovasi aparatur dalam rangkamewujudkan aparatur pemerintah yang profesional.

Kata Kunci: Profesionalisme, Kemampuan dan Performansi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Atmosoeprapto, Kisdarto. 2000. Menuju SDM Berdaya. Edisi pertama. Jakarta. Gramedia.

Bungin, Burhan. 2010. Penelitian Kualitatif, komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, an Ilmu Sosial Lainnya, Jakarta, Kencana Prenada Media Group.

Bogdan, Robert C. 1982. Qualitative Research for Education, Inc, Boston London: Allyn and Bacon

Desseler, Gary, 2003, Human Resources Management, New Jersey, Prentice Hall Inc

Dwiyanto, Agus dan Kusumasari. 2000. Jurnal Center for Population and Policy Brief - Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada.

Gomes. F.C, 2001, Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta. ANDI Offset.

Gibson, Ivancevich, Danelly. 1996, Organization, Terjemahan Nunuk Adrianti, Jakarta, Erlangga.

Hariandja, Efendi. 2009, Manajemen Sumber Daya Manusia; Pengadaan, Pengembangan, Pengkompensasian dan Peningkatan Produktivitas Pegawai, Jakarta, Grasindo.

Henry, Paul dan Ken Blanchard. 1995. Manajemen Perilaku Organisasi; Pedayagunaan SDM, Jakarta, Erlangga. Terjemahan Agus Dharma. Jakarta Erlangga Press.

Hidayat, Syarif. 2000. Refleksi Realitas Otonomi Daerah dan Tantangan ke Depan. Jakarta, Pustaka Quantum.

LAN dan BPKP. 2000. Akuntabilitas dan Good Governance. (AKIP). Jakarta :

Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Kabupaten Aceh Besar Tahun 2011

Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Tahun 2011

Mathis, L. Robert & Jackson, H. John. 2006. Human Resources Management, Penerjemah oleh Diana Anggelica, Salemba Empat, Jakarta.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 101 Tahun 2000 Tentang Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Negeri Sipil

Peraturan Daerah Kabupaten Aceh Besar Nomor 2 Tahun 2008 tentang Organisasi tata Kerja Sekretariat Daerah dan Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

Rasyid Riyaas. 1998. Kebijakan Penyiapan Sumber Daya Aparatur Yang Profesional Dalam Pelaksanaan Otonomi Daerah, Jurnal Ilmu Pemerintahan IIP : Jakarta.

Sugiono. 2008. Metode Penelitian Administrasi, Cetakan Kesembilan, Bandung, Alfabeta.

Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.

Undang-Undang Nomor 43 Tahun 1999 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1974 Tentang Pokok-pokok Kepegawaian


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.