ANALISIS PERKEMBANGAN PENDAPATAN ASLI DAERAH PASKA PENERAPAN OTONOMI DAERAH DI KABUPATEN BIREUEN (2004-2010)

Sri Wahyuni

Sari


Penelitian ini bertujuan menjelaskan perkembangan pendapatan asli daerah pasca penerapan otonomi daerah di Kabupaten Bireuen. Manfaat penelitian ini adalah: 1) sebagai acuan pemerintah dalam mengevaluasi sumber PAD yang diperoleh serta dapat menggali lebih optimal lagi potensi yang ada, 2) sebagai peningkatan partisipasi pihak swasta dan masyarakat dalam meningkatkan sumber PAD. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Data yang dikumpulkan merupakan data sekunder yaitu pendapatan asli daerah pasca penerapan otonomi daerah tahun 2004 sampai dengan 2010. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah: 1) Perekonomian Kabupaten Bireuen mengalami recovery dari tahun 2004 sampai dengan 2009. Namun pada tahun 2010, perekonomian mengalami resesi, 2) Sumber penerimaan pendapatan asli daerah belum berjalan dengan baik. Hal ini terlihat dengan kerugian BUMD yang dialami sebesar Rp. 20.289.886,-, 3) Sumber penerimaan pajak, retribusi daerah serta lain-lain pendapatan daerah yang sah sudah mulai meningkat. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah: 1) Pemerintah dalam meningkatkan pendapatan asli daerah harus dapat mengevaluasi penyebab keberhasilan dan kegagalan peningkatan sumber pendapatan asli daerah, 2) Melalui otonomi daerah, pihak pemerintah, swasta dan masyarakat dapat menggali potensi-potensi daerah Kabupaten Bireuen.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aryanto, Rudi. (2011). Analisis Kemandirian Keuangan Daerah Dan Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten/Kota Di Sumatera Selatan. Jurnal Ilmiah. Vol. III. No.2

Apituley. Pengawasan Penggunaan Keuangan Daerah Dalam Pelaksanaan Otonomi Daerah. http://journal.uniera.ac.id/jview/37

Darmono (2010). Analisis Dana Bagi Hasil Pajak Sebelum dan Sesudah Otonomi Daerah Di Kabupaten Berau. Jurnal Manajeman dan Akuntansi. Vol. II, No. 2.

Ga’I, Ardiyanto Maksimilianus; Hidayat, Wahyu; Santoso, Budi Hendratno. (2010). Kajian Kesiapan Maumere Menjadi Kota Otonom. Jurnal Tata Kota dan Daerah. Vol. 2, No.1

Hidayat, Syarif. (2008). Desentralisasi dan Otonomi Daerah Dalam Perspektif State Society Relation. Jurnal Poelitik. Vol. 1, No. 1.

Lay, Cornelis. (2001). Otonomi Daerah dan KeIndonesiaan. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Vol. 5, N0. 2.

Republik Indonesia. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 Tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah.

________________. Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004 Tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah.

Robert, Lucas. (2003). On The Mechanics of Economics Development. Journal of Monetary Economics.

Sidik, Machfud. (2002). Upaya-Upaya Peningkatan PAD. Rineka cipta. Jakarta.

Sukirno,S. (2001). Ekonomi Mikro. Gramedia Grafika. Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.