PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II/A MATERI MENULIS TANDA TITIK DAN HURUF KAPITAL PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT PADA SEKOLAH DASAR NEGERI 6 MUARA BATU KABUPATEN ACEH UTARA

Mardhiah Mardhiah

Sari


Faktor terpenting di dalam peningkatan kuantitas dan kualitas pengajaran adalah guru. Hal ini menuntut perubahan dalam mengorganisasikan kelas, penggunaan metode mengajar, strategi belajar mengajar, maupun sikap dan karakteristik guru dalam mengelola proses belajar mengajar. Guru berperan sebagai pengelola proses belajar-mengajar, bertindak sebagai fasilitor yang berusaha mencipatakan kondisi belajar mengajar yang efektif, sehingga memungkinkan proses belajar mengajar, mengembangkan bahan pelajaran dengan baik, dan meningkatkan kemampuan siswa untuk menyimak pelajaran dan menguasai tujuan-tujuan pendidikan yang harus mereka capai. Pada karya ini rumusan masalah yang akan dibahas yaitu: Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas II/A Materi Menulis Tanda Titik dan Huruf Kapital Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Cooperative Script pada Sekolah Dasar Negeri 6 Muara Batu Kabupaten Aceh Utara?, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas II/A pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Tanda Titik dan Huruf Kapital melalui Model Pembelajaran Cooperative Script pada Sekolah Dasar Negeri 6 Muara Batu Kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan di mulai dari bulan September s.d November 2020. Dengan menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II/A Sekolah Dasar Negeri 6 Muara Batu. Data yang diperoleh berupa hasil tesformatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui Model Pembelajaran Cooperative Script memiliki dampak positif dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa yang ditandai dengan meningkatnya ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus.

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Pengertian Cooperative Script, dan Model Pembelajaran Cooperative Script.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asra, Sumiati. 2007. Metode Pembelajaran. Bandung. Wacana Prima.

Aqib Zainal. 2010. Profesionalisme Guru dalam Pembalajaran. Surabaya:Insan Cendikia.

Danim Sudarlan. 2002. Inovasi Pendidikan dalam Upaya Peningkatan s2q Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung. Pustaka Setia.

Majid Abdul. 2008. Perencanaan Pembalajaran, Mengembangkan Standa Kompetensi Guru. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Suparlan.2002. Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta: HIKAYAT Publishing.

Suparlan. 2006. Guru sebagai Profesi. Yogyakarta: HIKAYAT Publishing

Sulhan Najib. 2010. Pembagunan Karakter Anak Manajemen Pembelajaran Guru Menuju Sekolah Efektif. Surabaya. Intelektual Club.

Taniredja. 2012. Model Pembelajaran Cooperative Script-Model Pembelajaran Cooperative Script Pembelajaran. Bandung. Alfabeta, cv.

Wiriaatmadja Rochiati. 2008. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung. Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.