PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV MATERI LEMBAGA EKSEKUTIF PELAJARAN PKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF (GENERATIVE LEARNING) SD NEGERI 27 SAWANG KABUPATEN ACEH UTARA

Yahya Yahya

Sari


Pengajaran Pendidikan Kewarganegaraan merupakan bagian integral dalam konteks pendidikan. Artinya pengajaran tersebut merupakan bagian yang tak dapat dipisahkan dari keutuhan pendidikan. Oleh karena itu, pengajaran PKn membina sikap mental siswa yang pancasilais dan berjiwa patriot setia.Pengajaran PKn merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari pengajaran (kurikulum). Pada karya ini rumusan masalah yang akan dibahas yaitu: Bagaimana Peningkatan Prestasi belajar Siswa Kelas IV Materi Lembaga Eksekutif Pelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Generatif (generative learning) Pada SD Negeri 27 Sawang Kabupaten Aceh Utara?, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV Pelajaran PKn materi Lembaga Eksekutif melalui Model Pembelajaran Generatif (generative learning) pada SD Negeri 27 Sawang Kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan di mulai dari bulan Januari s.d November 2020. Dengan menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus.Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi.Subjek penelitian ini adalah siswa kelasIVSD Negeri 27 Sawang. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran generatif (Generative Learning) memiliki dampak positif dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa yang ditandai dengan meningkatnya ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus.

Kata Kunci: Pengertian Belajar, Pengertian Prestasi Belajar dan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning).


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Baharudin dan Wahyuni, S. N. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruz Media.

Sudjana, N. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suparlan. 2002. Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Suparlan. 2006. Guru sebagai Profesi. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Sulhan Najib. 2013. Pembagunan Karakter Anak Manajemen Pembelajaran Guru menuju Sekolah Efektif. Surabaya. Intelektual Club.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Rineka Cipta.

Wena, M. 2010. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Tukiran, 2012, Model-Model Pembelajaran Inovatif, Bandung, Alphabeta.

Mardana, I. B. P. 2001. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Fisika di SMUN 3 Singaraja melalui Implementasi Model Pembelajaran Generatif. Aneka Widya IKIP Negeri Singaraja, No. 2.TH. XXXIV: 48-58.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.