UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII.2 MATERI KONDISI PENDUDUK INDONESIA PELAJARAN IPS MELALUI METODE PEMBELAJARAN ILMU TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT (ITM) PADA SMP NEGERI 1 MATANGKULI KABUPATEN ACEH UTARA

Aisyah Aisyah

Sari


Mata Pelajaran Matematika yang dianggap pembelajaran sulit oleh siswa SMPN 1 Matangkuli masih belum maksimal terutama pada Materi Menerapkan Teorema Pythagoras. Dari hasil tes formatif diketahui bahwa hasil yang dicapai belum memenuhi ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan adalah 72, jumlah siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar minimum sebanyak 20 siswa (76,92%). Sedangkan yang telah mencapai ketuntasan sebanyak 6 siswa (24,08%) dari 26 orang siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assited Individualization (TAI) yang menekankan proses pembuktian secara kongkrit terhadap materi dan siswa dituntut untuk aktif dan mandiri. Dari hasil Penelitian telah terjadi peningkatan peningkatan prestasi belajar siswa yaitu 65 pada kondisi awal menjadi 76 pada siklus I dan menjadi 84 pada siklus II. Pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe team assited individualization (TAI) memiliki dampak positif dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa Kelas IX.1 SMPN 1 Matangkuli yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu pra siklus (24,07%), siklus I (73,07%), siklus II (100%).

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualized, Pengertian Belajar, Pengertian Belajar Matematika, Pengertian Kemampuan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asra, Sumiati. 2007. Metode Pembelajaran. Bandung. Wacana Prima.

Aqib Zainal. 2010. Profesionalisme Guru dalam Pembalajaran. Surabaya: Insan Cendikia.

Danim Sudarlan. 2002. Inovasi Pendidikan dalam upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung. Pustaka Setia

Majid Abdul. 2008. Perencanaan Pembalajaran, Mengembangkan Standa Kompetensi Guru. Bandung. Remaja Rosdakatya.

Suparlan.2002. Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Suparlan. 2006. Guru sebagai Profesi. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Sulhan Najib. 2010. Pembagunan Karakter Anak Manajemen Pembelajaran Guru Menuju Sekolah Efektif. Surabaya. Intelektual Club.

Taniredja. 2012. Metode Pembelajaran Ilmu Teknologi dan Masyarakat (ITM)-Metode Pembelajaran Ilmu Teknologi dan Masyarakat (ITM) Pembelajaran. Bandung. Alfabeta, cv.

Wiriaatmadja Rochiati. 2008. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung. Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.