MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PENGALAMAN (EXPERIENTIAL LEARNING) DAPAT MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IX.1 MATERI DINAMIKA PENDUDUK BENUA-BENUA DI DUNIA PELAJARAN IPS ADA SMP NEGERI 1 SYAMTALIRA BAYU KABUPATEN ACEH UTARA

Adnen Adnen

Sari


Hasil ulangan harian siswa Kelas IX.2 SMP Negeri 1 Syamtalira Bayu nilai rata-rata ulangan harian pada semester 1 tahun pelajaran 2019 sangat kurang sekali, yaitu diketahui bahwa siswa Kelas IX.2 yang memiliki nilai kurang dari KKM 70, jumlah siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar minimum untuk peningkatanprestasi belajar siswa yaitu sebanyak 10 siswa (43,48%). Sedangkan yang telah mencapai ketuntasan sebanyak 13 siswa (56,52%), dengan KKM yang ditentukan adalah 70. Pembelajaran sehari-hari dengan menggunakan metode ceramah dan latihan-latihan soal secara individual, tidak ada interaksi antar siswa yang pandai, sedang, dan normal. Hal ini terbukti sebagian besar siswa mengeluh apabila diajak belajar. Demikian penulis membuat sebuah penelitian, dengan rumusan masalah: Apakah Melalui Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman (Experiential Learning) Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IX.1 Materi Dinamika Penduduk Benua-Benua di dunia pelajaran IPS pada SMP Negeri 1 Syamtalira Bayu Kabupaten Aceh Utara? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IX.1 Materi Dinamika Penduduk Benua-Benua di Dunia Pelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman (Experiential Learning) Pada SMP Negeri 1 Syamtalira Bayu Kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan di mulai dari bulan September s.d November 2020. Dengan menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IX.1 SMP Negeri 1 Syamtalira Bayu. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui model pembelajaran berbasis pengalaman (Experiential Learning) memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan meningkatnya ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus.

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman (Experiential Learning), Prestasi Belajar dan Pelajaran IPS.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anita, Lie. 2002. Coorperative Learning. Jakarta Grasindo.

Anitah, 2008. Strategi Pembelajaran di SMP. Jakarata. Universitas Terbuka

Arikunto, Suharsini, 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. Rineka Cipta

Budimansyah Dasim. 2002. Model Pembelajaran dan Penilaian. Siliwangi. HDB

Hidayat Komarudin, 2002. Active Learning. Yogyakarta. Yappendi

Rukmana, Ade dan Suryana, Asep. 2006. Pengelolaan Kelas. Bandung: UPI Press.

Saud, Udin Saefudin dan Suherman, Ayi. 2006. Inovasi Pendidikan. Bandung: UPI Press.

BNSP, 2007. Pedoman Penilaian Hasil Belajar di SMP. Jakarta. Depdiknas.

BNSP, 2007. Standar Kompetensi dan Kompeternsi Dasar. Jakarta. Depdiknas.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.