MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PENGALAMAN (EXPERIENTIAL LEARNING) DAPAT MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IX.A MATERI MEMBEDAKAN TEKS TANTANGAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SMP NEGERI 1 TANAH PASIR KABUPATEN ACEH UTARA

Jasmani Jasmani

Sari


Hal tersebut dapat dilihat dari hasil ulangan harian siswa Kelas IX.A yang terutama pada materi tentang Materi Membedakan Teks Tantangan pada sejumlah 7 orang (29,17%) siswa mencapai nilai ketuntasan. Dan yang belum mencapai ketuntasan 17 orang (70,83%). Padahal idealnya minimal harus mencapai standar KKM 70. Sedangkan materi tersebut harus dikuasai oleh siswa supaya dapat diaplikasikan dalam konteks kehidupan nyata. Kondisi tersebut disebabkan oleh kenyataan sehari-hari yang menunjukkan bahwa siswa kelihatannya jenuh mengikuti Pelajaran Bahasa Indonesia. Pembelajaran sehari-hari dengan menggunakan metode ceramah dan latihan-latihan soal secara individual, tidak ada interaksi antar siswa yang pandai, sedang, dan normal. Hal ini terbukti sebagian besar siswa mengeluh apabila diajak belajar. Pada karya ini rumusan masalah yang akan dibahas yaitu: Apakah Melalui Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman (Experiential Learning) Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IX.A Materi Membedakan Teks Tantangan Pelajaran Bahasa Indonesia Pada SMP Negeri 1 Tanah Pasir Kabupaten Aceh Utara?, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IX.A Materi Membedakan Teks Tantangan Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman (Experiential Learning) Pada SMP Negeri 1 Tanah Pasir Kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan di mulai dari bulan September s.d. November 2019. Dengan menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IX.A SMP Negeri 1 Tanah Pasir. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Melalui Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman (Experiential Learning) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IX.A Materi Membedakan Teks Tantangan Pelajaran Bahasa Indonesia Pada SMP Negeri 1 Tanah Pasir Kabupaten Aceh Utara memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan meningkatnya ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus.

Kata kunci: Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman (Experiential Learning), Prestasi Belajar, Teks Tantangan, dan Bahasa Indonesia.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anitah, 2008. Strategi Pembelajaran di SMP. Jakarata. Universitas Terbuka.

Anita, Lie. 2002. Coorperative Learning. Jakarta Grasindo.

Hadari, Nawawi. 2001. Metodologi Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta. Gajah Mada University Press.

Hidayat Komarudin, 2002. Active Learning. Yogyakarta. Yappendi.

Rukmana, Ade dan Suryana, Asep. 2006. Pengelolaan Kelas. Bandung: UPI Press.

Saud, Udin Saefudin dan Suherman, Ayi. 2006. Inovasi Pendidikan. Bandung: UPI Press.

Pahyono, dkk. 2005. Strategi Pembelajaran efektif, Model pembelajaran Kooperatif Learning. Makalah disampaikan pada diklat guru kurikulum KBK di LPMP Jawa Tengah.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.