PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL) DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX.2 MATERI POLA BILANGAN PELAJARAN MATEMATIKA PADA SMP NEGERI 2 LANGKAHAN KABUPATEN ACEH UTARA

Fitri Sujar Yanti

Sari


Dari hasil tes formatif diketahui bahwa hasil yang dicapai belum memenuhi ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan adalah 70. Pada kondisi awal, hasil tes ulangan harian siswa berada jauh dari harapan. Diketahui bahwa siswa Kelas IX.2SMP Negeri 2 Langkahan yang memiliki nilai kurang dari KKM 70, jumlah siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar minimum pada Materi Pola Bilangan sebanyak 11 siswa (55%). Sedangkan yang telah mencapai ketuntasan sebanyak 9 siswa (45%) dari 20 orang siswa di Kelas IX.2 SMP Negeri 2 Langkahan Kabupaten Aceh Utara. Pada karya ini rumusan masalah yang akan dibahas yaitu: Apakah Penggunaan Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX.2 Materi Pola Bilangan Pelajaran Matematika pada SMP Negeri 2 Langkahan Kabupaten Aceh Utara?, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX.2 Materi Pola Bilangan Pelajaran Matematika Penggunaan Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) Pada SMP Negeri 2 Langkahan Kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan di mulai dari bulan Januari s.d. Maret 2020. Dengan menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IX.2 SMP Negeri 2 Langkahan. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Penggunaan Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX.2 Materi Pola Bilangan Pelajaran Matematika pada SMP Negeri 2 Langkahan Kabupaten Aceh Utara memiliki dampak positif dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa yang ditandai dengan meningkatnya ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus.

Kata kunci: Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual), Hasil Belajar, Pola Bilangan, dan Pelajaran Matematika.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Meier, Dave. 2002. The Accelarated Learning Hand Book. Panduan Kreatif dan Efektif Merancang Program Pendidikan dan Penelitian. Bandung: Kaifa.

Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja Pressindo.

Ridwan. 2005. Belajar Mengajar Kreatif, Bandung: Alfabeta.

Suranto, 2008, Konsep Mutu, Semarang, Sindur Press.

Suyatno. 2007. Aneka Model Pembelajaran Bahasa Indonesia. Surabaya: Unesa.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Jakarta.

Sri Harmianto, 2011, Model pembelajaran Inovatif, Bandung, Alfabeta.

Triatna, 2008, Bagaimana Menjadi Guru Penulis, Bandung, CV.Citra Praya.

Wiratmadja, 2008, Metodologi Penelitian, Jakarta: Rosdakarya.

https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-matematika/


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.