PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII.2 MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CORE PADA SMP NEGERI 3 TANAH JAMBO AYE KABUPATEN ACEH UTARA TAHUN 2020

Sri Wardani

Sari


Guru tidak hanya pendidik, mengajar, pembimbing, namun guru juga bertugas sebagai pengguguh, pembina dan pembentuk moral peserta didik baik dalam tata cara membaca, bersikap, dan bergaul baik sesama teman maupun di lingkungan masyarakat sekitarnya. Untuk membentuk siswa seperti yang demikian bukanlah suatu hal yang mudah. Dengan demikian, Proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Pada karya ini rumusan masalah yang akan dibahas yaitu: Apakah dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CORE dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII.2 Materi Sistem Gerak pada Manusia Pelajaran IPA pada SMP Negeri 3 Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara?, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas VII.2 Materi Sistem Gerak pada Manusia Pelajaran IPA melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CORE pada SMP Negeri 3 Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan dimulai dari bulan September s.d. November 2020. Dengan menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VII.2 SMP Negeri 3 Tanah Jambo Aye. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.

Kata Kunci: Pengertian Kemampuan, Mata Pelajaran IPA, dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CORE.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asra, Sumiati. 2007. Metode Pembelajaran. Bandung. Wacana Prima.

Aqib Zainal. 2010. Profesionalisme Guru dalam Pembalajaran. Surabaya:Insan Cendikia.

Danim Sudarlan. 2002. Inovasi Pendidikan dalam Upaya peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung. Pustaka Setia.

Majid Abdul. 2008. Perencanaan Pembalajaran, Mengembangkan Standa Kompetensi Guru. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Suparlan. 2002. Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta: HIKAYAT Publishing.

Suparlan. 2006. Guru sebagai Profesi. Yogyakarta: HIKAYAT Publishing

Sulhan Najib. 2010. Pembagunan Karakter Anak Manajemen Pembelajaran Guru Menuju Sekolah Efektif. Surabaya. Intelektual Club.

Taniredja. 2012. Model-Model Pembelajaran. Bandung. Alfabeta, cv.

Wiriaatmadja Rochiati. 2008. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung. Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.