UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS IX.1 MATERI REPRODUKSI VEGETATIF PADA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALLING THROWING DI SMP NEGERI 1 SAWANG KABUPATEN ACEH UTARA

Zaharah Zaharah

Sari


Berdasarkan hasil Ulangan harian (UH) siswa memperoleh nilai di bawah KKM yang ditentukan yaitu 70. Diketahui dari ketuntasan siswa yaitu 6 siswa (20,69%) diantara 29 orang siswa, dan yang belum mencapai ketuntasan yaitu sebanyak 23 siswa (79,31%). Tingkat pemahamannya siswa masih sangat rendah dikarenakan dalam proses pembelajaran strategi yang digunakan masih menggunakan metode konverasional, penyajian materi hanya mengikuti buku paket dengan perkembangan seadanya saja, serta tidak menggunakan alat peraga ataupun model pembelajaran yang interaktif. Pada karya ini rumusan masalah yang akan dibahas yaitu: Apakah Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowballing Throwing dapat Meningkatkan Kemampuan siswa Kelas IX.1 Pelajaran IPA Materi Reproduksi Vegetatif SMP Negeri 1 Sawang Kabupaten Aceh Utara?, Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa pada pelajaran IPA Materi Reproduksi Vegetatif Pada Kelas IX.1 SMP Negeri 1 Sawang dengan penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowballing Throwing. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan dimulai dari bulan Januari s.d Maret 2021. Dengan menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan refisi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX.1 SMP Negeri 1 Sawang. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowballing Throwing memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan meningkatnya ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus.

Kata kunci: Pengertian Belajar, Pengertian Kemampuan, Pengertian Pelajaran IPA, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowballing Throwing.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Bandung: Reneksa Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. KTSP dan Standar Isi IPA. Jakarta: BSNP.

Isjoni. 2007. Cooperatif Learning, Bandung: Alfabeta.

Rusman.2010. Model-Model Pembelajaran. Bandung: PT Raja Grafindo Persada.

Solihatin, Etin. 2005. Cooperatif Lerning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.

Sri Harmianto, 2011, Model pembelajaran Inovatif, Bandung, Alfabeta.

Triatna, 2008, Bagaimana Menjadi Guru Penulis, Bandung, CV. Citra Praya.

Wiratmadja, 2008, Metodologi Penelitian, Jakarta: Rosdakarya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.