MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII.B PELAJARAN IPA MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA PADA SMP NEGERI 3 SAMUDERA KABUPATEN ACEH UTARA

Harmiyati Harmiyati

Sari


Permasalahan tersebut berdampak pada hasil Ulangan Harian siswa pada Materi Sistem Gerak pada Manusia belum semua siswa mencapai ketuntasan belajar. Perolehan  nilai ketuntasan diantara 24 orang siswa adalah 7 (29,17%), dan yang belum mencapai ketuntasan yaitu 17 (70,83%) Dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah 70. Pada karya ini rumusan masalah yang akan dibahas yaitu: apakah melalui model pembelajaran kooperatif tipe take and give dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII.B Pelajaran IPA Materi Sistem Gerak pada Manusia Pada SMP Negeri 3 Samudera Kabupaten Aceh Utara?, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII.B Pelajaran IPA Materi Sistem Gerak pada manusia melalui model pembelajaran kooperatif tipe take and give pada SMP Negeri 3 Samudera Kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan di mulai dari bulan Juli s.d. September 2020. Dengan menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VIII.B SMP Negeri 3 Samudera. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui model pembelajaran kooperatif tipe take and give dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII.B pelajaran IPA materi sistem gerak pada manusia pada SMP Negeri 3 Samudera Kabupaten Aceh Utara memiliki dampak positif dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa yang ditandai dengan meningkatnya ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus.

Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give, Hasil Belajar, Pelajaran IPA, Sistem Gerak pada Manusia.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Bandung: Reneksa Cipta.

Ali, Muhammad. 2000. Penelitian Pendidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa.

Ridwan. 2005. Belajar Mengajar Kreatif, Bandung: Alfabeta.

Suranto, 2008, Konsep Mutu, Semarang, Sindur Press.

Sri Harmianto, 2011, Model Pembelajaran Inovatif, Bandung, Alfabeta.

Triatna, 2008, Bagaimana menjadi Guru Penulis, Bandung, CV.Citra Praya.

Wiratmadja, 2008, Metodologi Penelitian, Jakarta: Rosdakarya.

BNSP. 2006. KTSP dan Standar Isi IPA. Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.