UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MEDIA KARTU HURUF PADA KELAS I-B SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KUALA

Juli Desirina

Sari


Penelitian ini berjudul "Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Media Kartu Huruf pada Kelas I-B Sekolah Dasar Negeri 1 Kuala". Pembelajaran Bahasa Indonesia pada hakikatnya adalah membelajarkan peserta didik tentang keterampilan berbahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai tujuan dan fungsinya. Tujuan dari penelitian ini adalah menimalisir kasus buta aksara, mencetak generasi muda dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial, menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa, dan menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia. Dari tes awal yang telah diikuti oleh murid, peneliti dapat menyimpulkan bahwa pelaksanaan tindakan siklus I ini belum berhasil. Di mana murid yang mendapatkan nilai ³65 adalah sebanyak 5 orang dari jumlah murid 10 orang. Hasil tes awal dijadikan pegangan peneliti dalam melaksanakan penelitian. Berdasarkan hasil tes tindakan siklus I diperoleh data bahwa hanya 68% murid mendapat ³ 65, ini berarti bahwa kriteria keberhasilan belajar belum mencapai ketuntasan. Hasil tes tindakan siklus II diperoleh data bahwa 95% murid mendapat skor ≥ 65, ini berarti bahwa kriteria keberhasilan belajar sudah mencapai ketuntasan. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Atmazaki. 2013. Mengungkap Masa Depan: Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Konteks Pengembangan Karakter Cerdas. Makalah. Padang: UNP.

Dirjen Pendik Kemendikbud. 2014. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Melalui Pendekatan Saintifik. Jakarta: Dirjen Pendik.

Djamarah, Bahri Syaiful. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Hartati dkk. 2006. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Bandung: UPI PRESS.

Mahsun. 2014. Teks Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mintowati, Maria. 2003. Membaca. Jakarta: Depdiknas.

Modul PLPG Pendidikan Anak Usia Dini. 2013, Konsorsium Sertifikasi Guru Universitas Yogyakarta.

Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Seri Ayah Bunda. 2002. Balita dan Masalah Perkembanganya. Jakarta Gaya Pavorit Press.

Seri Ayah Bunda. 2002. Dari A Sampai Z tentang Perkembangan Anak. Jakarta Gaya Pavorit Press.

Slamet, St. Y. 2007. Dasar-Dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar. Surakarta: LPP UNS dan UPT.

Sudjana S., D. 2001. Metode & Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production.

Suherman, E. 2009. Model Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Kompetensi Murid. Educare; Jurnal Pendidikan dan Budaya. ISSN 1412-579x, (Online) http://educare.e-fkipunla.net, (diakses tanggal 30 Juni 2009).

Uno, H.B. 2008. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Cetakan Ketiga. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Yunus Abidin, 2009. Bermain, Pengantar Bagi Penerapan Pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT) dalam Dimensi PAUD, Bandung Rizqi Pressc, cet pertama.

Yusep Nur Jatmika, 2012. Ragam Aktifitas Untuk Playgroup. DIVA Press.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.