SIKAP WANITA DALAM MENGHADAPI PERUBAHAN FISIK PADA MASA MENOPAUSE DI LINGKUNGAN V KELURAHAN MERDEKA KECAMATAN MEDAN BARU

Siti Saleha

Sari


Latar belakang: Menopause merupakan fase dalam kehidupan seorang wanita yang ditandai dengan berhentinya masa subur. Banyak wanita merasa khawatir menghadapi menopause, karena mereka beranggapan bahwa wanita yang berusia lanjut akan mengalami hidup yang kurang sehat, kurang bugar, tidak cantik lagi dan cepat marah. Perubahan yang dialami seorang wanita menjelang  menopause adalah perubahan fisik dan psikologis. Tujuan penelitian: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi sikap wanita dalam menghadapi perubahan fisik pada masa menopause di Lingkungan V Kelurahan Merdeka Kecamatan Medan baru 2018. Metodologi penelitian: Penelitian ini bersifat deskriptif dan dilakukan di Lingkungan V Kelurahan Merdeka Kecamatan Medan baru pada bulan Februari – Mei 2018. Populasi sebanyak 38 orang wanita dengan pengambilan sampel menggunakan tekhnik total sampling. Hasil diperoleh dengan membagikan kuesioner. Analisa data menggunakan univariat. Hasil penelitian: Hasil penelitian ini mayoritas responden berusia 47-49 tahun sebanyak 20 orang (52,6%). Berdasarkan pendidikan sebagian besar responden berpendidikan SMA sebanyak 20 orang (52,6%). Berdasarkan pekerjaan responden dapat dilihat bahwa sebagian besar bekerja sebagai wirausaha sebanyak 24 orang (63,5%). Berdasarkan sikap mayoritas bersikap positif sebanyak 27 orang (71,1%) dan minoritas bersikap negatif sebanyak 11 orang (28,9%). Kesimpulan dan saran: Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa sikap wanita dalam menghadapi perubahan pada masa menopause positif, dalam hal ini informasi dan penyuluhan dari tenaga kesehatan tentang perubahan yang akan terjadi pada masa menopause sudah baik. Disarankan kepada petugas kesehatan agar dapat juga  memberikan pemahaman tentang pentingnya mengetahui perubahan yang akan terjadi pada masa menopause kepada wanita di daerah lainnya.

Kata kunci: Sikap, Wanita, Menopause


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Glasier, A., & Gebbie, A. 2006. Keluarga Berencana & Kesehatan Reproduksi (Edisi 4). Jakarta: EGC.

Jones, D.L. 2005. Setiap Wanita. Jakarta: Panduan delapratasa.

Kasdu, Dini 2002. Kiat Sehat dan bahagia di usia Menopause, Edisi 1, Jakarta : Puspa Swara.

Lisnani. 2010. Hubungan Pengetahuan dan Sikap Wanita Premenopause Dalam Menghadapi Masa Menopause. Skripsi. Tidak dipublikasikan.

Muhammad Iqbal, Muhammad Rizal, Najmuddin. 2018. Kewajiban Menyampaikan Dalam Konteks Dakwah Islam. Jurnal Lentera 2 (2).

Nothrup, Christine. 2006. Bijak Saat Menopause. Bandung: Pustaka Hidayat.

Notoadmojo, S. 2003. Pengantar Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam. 2010. Konsep Dasar Penerapan Metodologi Penelitian ilmu Keperawatan. Jakarta Salemba Medika.

Prawirohardjo, Sarwono. 2003. Menopause dan Andropause. Jakarta: EGC.

Purwanto, Heri. 2003. Pengantar Perilaku Manusia. Jakarta: EGC.

Rebecca, Dr dkk. 2006. Menopause. Erlangga: Jakarta.

Sunaryo. 2004. Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta: EGC.

Sutanto, L.B. 2005. Menopause. Jakarta: Balai Penerbit FK UI.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.