PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI HAK ASASI MANUSIA MELALUI PEMBELAJARAN TALKING STICK BAGI SISWA KELAS X.MIA.2 SMA NEGERI 1 IDI RAYEUK

Nurlina .

Sari


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan (PKn) tentang hak asasi manusia melalui model pembelajarantalking stick bagi siswa kelas X.MIA.2 SMA Negeri 1 Idi Rayeuk Kecamatan Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (class action research). Penelitian ini terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X.MIA.2 SMA Negeri 1 Idi Rayeuk Kecamatan Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui model pembelajarantalking stick dapat meningkatkan hasil belajar PKn tentang hak asasi manusia bagi siswa kelas X.MIA.2 SMA Negeri 1 Idi Rayeuk Kecamatan Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur.

Kata Kunci: hasil belajar pendidikan kewarganegaraan, hak asasi manusia, talking stick.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Aqib, Z. 2017. Model-model, media, dan strategi pembelajaran kontekstual (inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Julianda, R. T. 2017. Hubungan reinforcement yang diberikan orangtua dengan prestasi belajar anak usia sekolah di Gampong Lambhuk Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh. Banda Aceh: Journal of Nursing.

Noryana. 2016. Penggunaan metode pembelajaran kreatif pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Bandung: Yrama Widya.

Sudjana, Nana. 2005. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Suryanto, Alex dan Verly, Anita. 2004. Membangun Kompetensi. Jakarta: Esis.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.