PENERAPAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA BAGI SISWA KELAS IV.A SD NEGERI 13 LANGSA

Marlaini .

Sari


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA pada materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan dengan menerapkan pembelajaran make a match bagi siswa kelas IV.A SD Negeri 13 Langsa tahun pelajaran 2017/2018. Metode dalam penelitian ini menggunakan descriptive explorative dengan desain penelitian tindakan kelas. Setiap siklusnya dilakukan dengan empat langkah, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian tes dan lembar observasi. Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Pada akhir siklus I, siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 54% (20 siswa), dan siswa yang belum tuntas sebanyak 46% (17 siswa), sedangkan pada akhir siklus II siswa yang tuntas sebanyak 89,2% (33 siswa) dan yang belum tuntas sebanyak 10,8% (4 siswa). Dengan rata-rata nilai kelas siklus I 76,49 dan rata-rata kelas siklus II 86,22.

Kata Kunci : Make A Match, Hasil Belajar, Materi Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Budimansyah Dasim. 2002 Model Pembelajaran dan Penilaian. Siliwangi. HDB

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta:Pustaka Belajar.

Iskandar A.M 2004, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta Raja Grafindo Persada.

Mikarsa, Agus, dan Puji. 2007. Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Oemar Hamalik, 2002. Belajar dan Teori Belajar, Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana, Nana. 2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.