PENERAPAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII.2 SMP NEGERI 2 KUALASIMPANG

Mariani .

Sari


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pada materi kubus dan balok dengan menerapkan pembelajaran matematika realistik di kelas VIII.2 semester II SMP Negeri 2 Kualasimpang tahun pelajaran 2017/2018. Metode dalam penelitian ini menggunakan descriptive explorative dengan desain penelitian tindakan kelas. Setiap siklusnya dilakukan dengan empat langkah, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian tes dan lembar observasi. Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Pada akhir siklus I, siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 60% (15 siswa), dan siswa yang belum tuntas sebanyak 40% (10 siswa), sedangkan pada akhir siklus II siswa yang tuntas sebanyak 92% (23 siswa) dan yang belum tuntas sebanyak 8% (2 siswa).

Kata Kunci: Matematika Realistik, Hasil Belajar, Kubus dan Balok


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian. Cetakan Ketigabelas. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Asmin. Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dan Kendala yang Muncul di Lapangan. (online) (http://www.depdiknas.go.id).

Johar. Rahmah dkk. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, & Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.