STRATEGI PEMASARAN USAHA TANI PEMBIBITAN LADA DI AGRO ENDATU MULYA DESA BLANG PANYANG KECAMATAN MUARA SATU KOTA LHOKSEUMAWE

Mauliana .

Sari


ABSTRAK

 

Penelitian dilakukan pada Usaha Agro Endatu Mulya Desa Blang Panyang  Kecamatan Muara Satu Kota Lhokseumawe. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran usaha tani pembibitan lada di Usaha Agro Endatu Mulya Desa Blang Panyang  Kecamatan Muara Satu Kota Lhokseumawe. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk memberikan gambaran umum tentang data yang diperoleh. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT. Dari hasil analisis faktor internal dapat diidentifikasi bahwa kekuatan utamanya adalah lokasi pemasaran sangat strategis, sedangkan kelemahan utama adalah kurangnya promosi produk. Hasil analisis faktor eksternal, dapat diidentifikasikan peluang utama adalah permintaan konsumen yang kontinu dan luasnya potensi pasar. Sementara ancaman utama adalah faktor lingkungan yang kurang mendukung. Dari hasil analisis SWOT alternatif strategi yang sesuai untuk melakukan pemasaran bibit lada di usaha Agro Endatu Mulya Desa Blang Panyang Kecamatan Muara Satu Kota Lhokseumawe akan tepat apabila  melakukan strategi growth oriented, yaitu merupakan situasi yang menguntungkan, yang mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif yaitu dengan cara memaksimalkan kekuatan internal untuk memanfaatkan dan merebut peluang eksternal melalui kegiatan pemasaran untuk memperoleh keuntungan dengan tujuan untuk mencapai tujuan perusahaan yang berkelanjutan.

Kata kunci : Strategi Pemasaran, Usaha Tani Pembibitan Lada.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Artanti, F.Y. 2007. Pengaruh Macam Pupuk Organik Cair dan Konsentrasi IAA terhadap Pertumbuhan Setek Tanaman Stevia (Stevia Rebaudiana Bertoni M.). Skripsi S1 FP UNS Surakarta.

Avenia Nur Aulia. 2008. Analisis Pendapatan Usahatani Padi dan Kelayakan Usaha Tanu Vanili pada Ketinggian Lahan 350-800 M DPL di Kabupaten Tasikmalayaa.). Jurnal. Departemen Ilmu-ilmu Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor.

BPS. 2015. Badan Pusat Statistik Tentang Tanaman Lada di Indonesia.

Direktorat Budidaya Tanaman Rempah dan Pagar (Diratpahgar). 2008. Budidaya Lada yang Baik dan Sehat. http://ditjenbun.deptan.go.id/ Akses 10 Maret 2017 pukul 10.20 WIB.

Goei Gracella Valencia, Ribka M. Kumat, Grace A. J. Rumagit. 2017. Strategi Pemasaran Ekspor Pala Pada PT. Gunung Intan Permata Manado.

IPC (International pepper community). 2015. Pepper news and market review. 3 p

Irawandan. Sudjani. 2001. Pemasaran: Prinsip dan Kasus. Edisi 2. Yogyakarta: BPFE.

Kartajaya. 2000. Siasat Memenangkan Persaingan Global.Gramedia: Jakarta.

Ken Suratiyah. 2009. Ilmu Usaha Tani. Penebar Swadaya, Jakarta

Kotler, Philip. 2001. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta.

Moleong. 2010. Jenis Data Dan Sumber Data. Jakarta: Prenada Media Grup.

Muhammad firdaus,S.P.,M.M. 2010. Manajemen Agribisnis. PT Bumi Aksara, Jakarta

Putri Utami Saraswati. 2010. produksi dan pemasaran benih kelapa sawit (Elaeis Guineensis Jacg) dipusat penelitian kelapa sawir marihat, Sumatera Utara.

Rangkuti, Freeddy, 2000. Analisis SWOT Tehnik Membedah Kasus Bisnis, Reontasi Konsep, Penerapan Strategi Menghadapi Abad 21, PT Gramedia PustakaUtama, Jakarta.

Sarpian, T. 2004. Lada: Mempercepat Berbuah, Meningkatkan Produksi, Memperpanjang Umur. Penebar Swadaya. Jakarta.

Siti Aminah, 2009. Pertumbuhan Bibit Stek Lada (piper nigrum Linnaeus) Pada Beberapa Macam Media Dan Konsentrasi Auksin. Jurnal.

Stanton, William J. 2001. Prinsip Pemasaran. Erlangga. Jakarta.

Swastha, Basu dan Irawan. 2005, Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta.

Swastha, Basu dan Irawan. 2005, Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta.

Swastha. 2000. Pengantar Bisnis Modern Yogyakarta: Liberty.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.