ANALISIS KELAYAKAN USAHA KERAJINAN BUNGA KERING DI DESA KULU KUTA KECAMATAN KUTABLANG KABUPATEN BIREUEN

Aisyah .

Sari


ABSTRAK

 

Penelitian ini dilaksanakan di desa Kulu Kuta kecamatan Kutablang kabupaten Bireuen pada kerajinan bunga kering milik Ibu Mardiana, yang dilakukan pada bulan Januari  2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keuntungan dan menganalisis kelayakan usaha kerajinan bunga kering di desa Kulu Kuta kecamatan Kutablang kabupaten Bireuen. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus analisis biaya, penerimaan, keuntungan, Revenue Cost Ratio (R/C), Benefit Cost Ratio (B/C) dan Return of Invesment (ROI). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan diketahui bahwa usaha kerajinan bunga kering di desa Kulu Kuta kecamatan Kutablang kabupaten Bireuen menguntungkan, dengan total keuntungan adalah sebesar Rp. 13.575.000,-/produksi atau sebesar Rp. 54.300.000,-/tahun. Dari besarnya keuntungan yang diperoleh dan berdasarkan perhitungan nilai R/C rasio, B/C rasio dan Return of Invesment (ROI) dapat disimpulkan bahwa usaha kerajinan bunga kering di desa Kulu Kuta kecamatan Kutablang kabupaten Bireuen layak untuk diusahakan.

Kata kunci : Kelayakan Usaha, Kerajinan Bunga Kering

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Arief, Hidayatullah. 2011. Analisis Keuntungan Usaha Kerajinan Anyaman Enceng Gondok Di Kecamatan Amuntai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Utara. ISSN 1412-1468. Jurnal. Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Amuntai.

Agus, Purwoko. 2011. Analisis Finansial dan Pemasaran Keranjang Bambu di Gampong Sigodang, Kecamatan Panei, Kabupaten Simalungun. Jurnal.

Buchari, Alma. 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Penerbit Alfabeta Bandung.

Darmayani. 2014. Strategi Pemasaran Kerajinan Buah Kering Untuk Meningkatkan Nilai Ekspor Pada Ud. Indo Nature, Lombok–NTB” . Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang.

Fatmawati, 2011. Analisis Kelayakan Usaha Kerajinan Anyaman Tikar Pandan di Kecamatan Jaya, Kecamatan Tidore Utara, Tidore Kepulauan. Jurnal.

Harahap. S, 2007. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta Raja Grafindo.

Ibrahim Yacob, H. M. 2007. Studi Kelayakan Bisnis, Edisi Revisi, Penerbit PT. Rineka. Cipta, Jakarta.

Ika, Wahyuni, 2010. Analisis Usaha Industri Emping Melinjo Skala Rumah Tangga di Kabupaten Mangetan. Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Joesron dan Fathorrozi. 2007. Teori Ekonomi Mikro. Edisi Kedua. PT. Salemba Empat: Jakarta.

Kasmir dan Jakfar. 2007. Studi Kelayakan Bisnis, Edisi 2. Kencana: Jakarta.

Kunarjo. 2006. Perencanaan dan Pembiayaan Pembangunan. Gramedia. Jakarta.

Rahim dan Hastuti. 2007. Ekonomi Pertanian. Penebar Swadaya, Jakarta

Saputra, A. 2010. Bisnis Bunga Kering [terhuubung berkala]. http://younganalysis.blogspot.com/2010/10/bisnis-bunga-kering.html. Diakses [tanggal 26 Februari 2016].

Sadono, S. 2012. Ekonomi Pembangunan Proses masalah dan Dasar Kebijakan, cetakan ketiga, Penerbit Kencana, Jakarta.

Soeharjo dan Patong, 2006. Sendi-Sendi Pokok Usaha Tani. Departemen Ilmu Sosial Ekonomi. Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Sugiarto. 2010. Ekonomi Mikro Suatu Pendekatan Praktis. Gramedia Pustaka Utama : Jakarta.

Surya. 2008. Manajemen Kinerja. Edisi Ketiga. Kompas Gramedia Group. Jakarta.

Sutawi. 2012. Manajemen Agribisnis. Bayu Media dan UMM press. Malang.

Witjaksono, Armanto. 2006. Akuntansi biaya 1st edition. Graha Ilmu : Yogyakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.