STRATEGI PEMASARAN BIJI KAKAO HASIL FERMENTASI DI KOPBUN KECAMATAN JULI KABUPATEN BIREUEN

Mutia ., Elfiana ., Martina .

Sari


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pemasaran yang digunakan dalam memasarkan biji kakao hasil fermentasi di KOPBUN Kecamatan Juli Kabupaten Bireuen. Penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu tahap Identifikasi lingkungan internal dan eksternal usaha. Identifikasi lingkungan internal dilakukan pada analisis Kekuatan dan Kelemahan. Sedangkan lingkungan eksternal yang dianalisis adalah lingkungan Peluang dan Ancaman. Tahap selanjutnya adalah tahap pencocokan dengan menggunakan matrik IE dan matrik SWOT. Berdasarkan hasil analisis faktor internal yang lebih urgen adalah modal terbatas dan faktor ekstenal adalah keterbatasan bahan baku. Rekomendasi strategi yang diberikan adalah Strategy Diversifikasi (Strategi Bervariasi) karena berdasrkan peta kekuatan internal dan eksternal SWOT menunjukkan Posisi KOPBUN berada pada Kuadran II, artinya KOPBUN di Kecamatan Juli Kabupaten Bireuen dalam posisi menguntungkan walaupun KOPBUN memiliki kelemahan. Namun bisa ditutpi oleh kekuatan yang dimiliki, sehingga KOPBUN berada dalam posisi strategi Diversifikasi bisa dilakukan dengan menciptakan variasi produk dan memperluas area pemasaran.

 

Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Biji Kakao Fermentasi, KOPERASI, SWOT


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Anggraeni Novita, 2013. Skripsi. Strategi Pamasaran Kakao di Kecamatan Taluditi Kabupaten Pohuwato. Universitas Negeri Gorontalo

David, Fred R. 2006. Manajemen Strategi. Buku 1, Edisi kesepuluh. Jakarta : Salemba Empat.

Dharmmesta dan Handoko. 2011. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. BPFE, Yogyakarta

. 2012. Manajemen Pemasara Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. BPFE, Yogyakarta.

Dr.Tatang H.S. 2010. TK-4231/Industri Pangan Pengolahan Cokelat/Kakao.

Etih Suryatin, NY. 2010. Pasca Panen, Kualitas Biji Kakao dan Fermentasi. SWISSCONTACT Flores, Medan.

. 2016 Pasca Panen, Kualitas Biji Kakao dan Fermentasi. SWISSCONTACT Flores, Medan David FR. 2006. Strategic Management. Edisi10. Jakarta: Salemba Empat.

Jaunda, dkk. 2010. Standar Disasi Waktu Kerja Pada Unit Pengolahan Kakao, Koperasi Rimbun, Pidie Jaya. Rona Teknik Pertanian , Vol5 N0.2, 356-362.

Kotler, Philip. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1,. Erlangga, Jakarta.

. 2009. Manajemen Pemasaran, PT. Prenhallindo, Jakarta.

. 2010. Dasar-dasar Pamasaran, Frenhallindo, Jakarta.

Kotler dan Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip Marketing, Edisi Ketujuh, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

KOPERASI. 2016. Koperasi Perkebunan Kakao Bireuen (KOPBUN) 2016. KOPERASI Kecamatan Juli Kabupaten Bireuen.

Kurniawan, 2013. Skripsi. Pengembangan Strategi Pemasaran Produk Banua Cokelat Pada Industri Rumah Tangga Sa’dah Agency Di Kota Palu. Universitas. Andalas. Padang, published on scholar.unand.ac.id. diakses pada tanggal 11 November 2016

Mangkau, 2014. Skripsi. Analisis Strategi Pemasaran Ekspor Komoditi Biji Kakao Sulawesi Selatan. Perpustakaan PPS UMI, Makassar.

Rangkuti, 2006. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia

Pustaka Utama, Jakarta

Suryani, 2007. Komoditas Kakao: Protet dan Peluang Pembiayaan Economic Review : 210. http://ditjenbun.pertanian.go.id/ (diakses pada tanggal 21 November 2016

Syamri, Laode, 2010. Konsep Strategi Pemasaran (http://id.shvoong.com/ writing and-speaiking/presenting/2069506-konsep-strategi-pemasaran/, diakses pada tanggal 1 September 2010).

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Zeithaml dan Bitner. 2008. Service Marketing: Integrating Cutomer Focus Across The Firm. Third Edition. North America.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.