Respon Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Kedelai (Glicine max L. Merrill) Akibat Tingkat Pengolahan Tanah dan Teknik Pengendalian Gulma

Nursayuti .

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pengolahan tanah dan pengendalian gulma terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman kedelai serta interaksinya pada budidaya tanaman kedelai. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Pante Piyeue Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen Yang berlangsung dari Bulan Juni 2016 sampai dengan Agustus 2016. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial dengan 2 faktor yaitu: tingkat pengolahan tanah  yang terdiri dari tingkat pengolahan tanah atas atau tanpa olah tanah, olah tanah minimum, dan tingkat olah tanah maksimum dan teknik pengendalian gulma yang terdiri dari tanpa pegendalian gulma,  teknik pengendalian secara mekanis dan teknik pengendalian kimia. Pengamatan terdiri dari tinggi tanaman pada umur 20, 40 dan 60 HST , jumlah polong per rumpun, berat biji per plot percobaan, dan berat 1000 butir biji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik pengendalian gulma dan tingkat pengolahan tanah  berpengaruh sangat nyata terhadap tinggi tanaman 60 HST, berat biji per plot,dan berta 100 butir biji dan berpengaruh nyata terhadap jumlah polong per rumpun , akan tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman pada umur 20 dan 40 HST .

 

Kata Kunci : Tingkat Pengolahan Tanah, Teknik Pengendalian Gulma, Kedelai


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Adisarwanto, T.2005. Budidaya Dengan Pemupukan optimal dan Peran Bintil Akar. Penebar Swadaya . Jakarta.

Annisa, Y.W.,A.Jumberi,A. Harris dan R.s. Simatupang. 2004. Pengaruh Pemberian Pupuk 1Organik terhadap Fotoksitas Al pada Tanah Masam. Jurnal tanah Tropika.

Fakhruddin, Lidiana, Ir. 2000. Budidaya Tanaman Kacang-Kacangan . Penerbit kanisius .Yogyakarta.Inawat, L.200. Pengaruh jenis Gulma terhadap Pertumbuhan, Pembentukan Binti Akar dan Produksi Varietas Kedelai . Skripsi Jurusan Budidaya Pertanian . Fakultas Pertanian IPB.Bogor.

Manurung, J.P. dan E. Syamaun. (2003). Hubungan Komponen Had dengan Hasil Tanaman Kedelai (Glycine max (L.) Merr) yang Ditanam Pada lahan Yang diolah Berbeda Sistem dan Berasosiasi Dengan Gulma .J. Agrivigor.

Moenandir, J.1993. Pengantar Ilmu dan Pengendalian Gulma 1. Rajawali Press. Jakarta.

Novizar, Ir.2002. Petunjuk Pemupukan yang Efektif. PT. Agro . Media Pustaka. Jakarta.

Soepardi, G. 2007. Sifat dan Ciri Tanah. Jurusan Ilmu Tanah, fakultas Pertanian IPB. Bogor.

Susanto, H. 2001. Uji Efikasi Isopropilamina Glifosat 160 g/l Pada Gulma di Pertanaman Kopi dan Kakao Di Bandar Lampung. Hlm: 315-320. Prosiding Konferensi Nasional XV HIGI. Suroto, D.,A. Yunus, E, Purwanto, Waartoyo, Supriono (eds), Surakarta, 17-19 Juli 2001.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.