ANALISIS KELAYAKAN AGROINDUSTRI ARANG TEMPURUNG DI GAMPONG BARAT LANYAN KECAMATAN JANGKA KABUPATEN BIREUEN (Studi Kasus Usaha Bapak Razali)

Azrina ., T.M Nur, Saiful Hurri

Sari


ABSTRAK

                                         

Penelitian ini dilakukan di Gampong Barat Lanyan Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen pada bulan Mei sampai Juli 2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan usaha pada agroindustri Arang Tempurung di Gampong Barat Lanyan Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen. Untuk mengetahui layak atau tidaknya agroindustri arang tempurung yang diusahakan digunakan beberapa analisis saperti analisis biaya, pendapatan, keuntungan, B/C (Benefit Cost Ratio), Break Event Point (BEP) dan Return of Invesment (ROI). Hasil penelitian diperoleh bahwa pendapatan yang diperoleh agroindustri arang tempurung adalah sebesar Rp. 15,600,000,- per bulan. Dengan total biaya yang dikeluarkan yaitu sebesar Rp. 12,202,243,- per bulan dan keuntungan yang didapatkan adalah sebesar Rp. 3,397,757,- per bulan yang berarti bahwa agroindustri Arang Tempurung yang dijalankan selama ini sudah menguntungkan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai B/C ratio sebesar 0,27 (>0). Nilai BEP produksi sebesar 4.693 menggambarkan bahwa minimal produksi yang harus dihasilkan sebesar 4.693 agar agroindustri Arang Tempurung ini tidak mengalami kerugian. Nilai BEP harga sebesar Rp.2,033 menggambarkan harga terendah dari produk yang dihasilkan adalah sebesar 2,033 nilai ROI yang diperoleh agroindustri Arang Tempurung adalah sebesar 27,8%. Persentase tersebut menunjukkan bahwa agroindustri Arang Tempurung yang dikelola oleh bapak Razali memiliki kemampuan mengembalikan biaya investasi sebesar 27,8%. Hal ini menunjukkan agroindustri arang tempurung layak dijalankan kerena nilai ROI yang diperoleh lebih besar dari bunga bank yang berlaku.

Kata Kunci : Analisis Kelayakan, Agroindustri Arang Tempurung

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Bastian Bustami & Nurlela. 2009. Akuntansi Biaya. Yogyakarta: Graha llmu.

Baridwan, Zaki, 2008. Intermediate Accounting, BPFE, Yogyakarta.

Dyckman, Thomas R., Roland E. Dukes, Charles J. Davis, 2010. Akuntansi Intermediate, Edisi Ketiga Jilid 1, Erlangga" Jakarta.

Fanny. 2013. Analisis Kelayakan Teknis Dan Finansial Dari Investasi Pengadaan Tray Dryer Berbahan Bakar Biomassa Pada Usaha Arang Tempurung Kelapa Berbasis Ekspor (Studi Kasus di Tropica Nucifera Industry – Yogyakarta). Jurnal

Hansesn & Mowen. 2007. Akuntansi Manajemen., Edisi 7 Buku 2. Jakarta ; SalembaEmpat.

Harahap, Sofan Syafri. 2006. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Joewono Handito Hadi, 2005. Jangan Sekedar Menang Bersaing, Edisi pertama, Jakarta: PT" Gramedia

Joesron Suhartati dan Fathorrozi, 2005. Teori Ekonomi Mikro : Salemba Empat, Jakarta.

Kunarjo, 2003. Pentingnya Investasi Dalam Upaya Pertumbuhan. Jurnal Ekonomi. Jakarta.

Kasmir dan Jakfar. 2009. Studi Kelayakan Bisnis. Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Machmud. 2007. Kajian Ekonomis Industri Briket Arang Tempurung Kelapa. Jurnal Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan. 4(2): 55- 63.

Masyhuri. 2006. Pengembangan Agroindustri Melalui Penelitian dan Pengembangan Produk Yang Intensif dan Berkesinambungan. Jurnal AgroEkonomi, vol VII no. I Juni 2000. Yogyakarta.

Munandar, M. 2006. Budgeting, Perencanan Kerja Pengkoodinasian Kerja Pengawasan Kerja. Edisi Pertama BPFE Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.

Mulyadi, 2009. Penentuan Harga Pokok dan Pengendalian Biaya, Edisi keempat, Yogyakana: PT. BPFE.

Rahardi, F dan R. Hartono. 2003. Agribisnis Peternakan. Edisi Revisi. Penebar Swadaya Jakarta.

Rahim, A. dan Hastuti, D.R.D. 2007. Ekonomika Pertanian (Pengantar, Teori, dan Kasus). Penerbit Penebar Swadaya. Cimanggis, Depok, Jakarta.

Stice dan Skousen. 2007. Akuntansi Intermediate, Edisi Keenam Belas, Buku l, Salemba Empat, Jakarta.

Soekartawi, 2006, Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran Hasil-Hasil Pertanian Teori dan Aplikasinya Raja Grafindo Persada Jakarta

Subagyo, M. 2007. Metode Penelitian Dalam Teori dan praktek. Bumi Aksara. Jakarta.

Subandiyono. 2007. Prospek Usaha Pembuatan Arang Tempurung Kelapa (Studi kasus UD. Beringin Jaya). Jurnal

Tajudin. 2007. Inovasi dalam akselerasi agroindusti perdesaan Makalah Semiloka Menuju Desa 2020. Bogor, LPPM I PB.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.