EFEK KROMIUM (Cr+3) DENGAN TEPUNG DAUN JALOH TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN RELATIF DAN KADAR PROKSIMAT KARBOHIDRAT PADA IKAN NILA (Oreochromis niloticus) YANG MENGALAMI STRES PANAS

M.iSA -

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui laju pertumbuhan relatif dan kadar proksimat karbohidrat pada ikan nila ( Oreochromis niloticus ) yang diberi stres panas dan tepung daun jaloh dengan kromium. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL) dengan pola faktorial,yang terdiri atas 2 faktor yakni pakan ( komersil, tepung daun jaloh, kromium + tepung daun jaloh) dan suhu (290C dan 350C) masing masing 5 kali ulangan. Data yang diperoleh dinalisis dengan analisis varian dua arah, yang dilanjutkan dengan uji Duncan. Pemberian pakan berpengaruh sangat siginifikan (P<0,01) dan terdapat interaksi yang signifikan (P < 0,05) antara suhu dan pakan terhadap laju pertumbuhan relatif ikan nila, tetapi faktor suhu tidak siginifikan. Pada Ikan nila yang diberikan pakan komersil + daun jaloh dan kromium memiliki laju pertumbuhan relatif yang paling tinggi dan kadar proksimat karbohidrat cenderung menurun dibandingkan perlakuan pakan lain pada suhu yang sama.
Kata kunci : Oreochromis niloticus, laju pertumbuhan relatif, daun jaloh, kromium, karbohidrat

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


[AOAC] Association of Official Analytical and Chemistry. 2007. Official Methods of Analysis. 18thed. Marylan : Association of Official Analytical Chemists Inc.

Baras, E., B. Jacobs and C Melard. 2001. Effect of water temperature on survival, growth and phenotypic sex of mixed (XX-XY) progenies of Nile tilapia Oreochromis niloticus. Aquaculture. 192:187-199.

Kordi, Gufran.2000 . Budidaya Ikan Nila. Dahara Prize. Jakarta

El-Sherif, M. S and A. M. I. El-Feky. 2009. Performance of Nile Tilapia (Oreochromis niloticus) fingerlings. II. Influence of different water temperatures. Int. J. Agric. Biol., 11 (3): 1814–9596.

Mokoginta dan Subandiyono.2005 . Metabolisma Karbohidrat pada Ikan Gurame (Osphonemus gouramy, Lac) yang menkonsumsi pakan mengandung kromium (Cr+3). http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/6231.Last up date 8 februari 2014.

Setyo, B.P. 2006. Efek Konsentrasi Kromium (Cr+3) dan Salinitas berbeda terhadap efesiensi pemanfaatan pakan untuk pertumbuhan ikan Nila (Oreochromis niloticu) Tesis. Program Studi Magister Manajemen Sumber Daya Pantai Universitas Diponegoro, Semarang

Sugito. 2008. Respon pemberian ekstrak n-heksan tanaman jaloh pada ayam broiler yang diberi cekaman panas terhadap ekspresi enzim iNOS pada jaringan paru, kadar glukosa dan kalsium dalam serum. JITV 13(3): 174-181.

Sugito., Nurliana., Eliza D dan Samadi. 2012. Kajian Suplementasi Daun Jaloh dalam Pakan Ikan sebagai Metode Pengendalian Dampak Stres Peningkatan Suhu Lingkungan. Proccedings The 2nd Annual International Conference Syiah Kuala University.

Subandiyono, 2009. Karbohidrat, mikronutrien dan non nutrion. Budidaya Perairan Universitas Diponegoro


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.