STRATEGI PEMASARAN SAPLIKA DI DESA CUREH KECAMATAN KOTA JUANG KABUPATEN BIREUEN

Kamariah ., Jamilah .

Sari


ABSTRAK

 

Penelitian ini dilakukan pada usaha Saplika di Desa Cureh Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen, yang dilaksanakan pada Bulan September 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, serta menyusun strategi pemasaran Saplika di Desa Cureh Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk memberikan gambaran umum tentang data yang diperoleh. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT. Berdasarkan hasil analisis faktor internal dapat diidentifikasi bahwa kekuatan utamanya adalah menggunakan bahan baku yang berkualitas dan kelemahannya produk tidak tahan lama. Sedangkan dari hasil analisis faktor eksternal, dapat diindentifikasikan peluang utamanya adalah adanya mitra usaha dan ancamannya adanya pesaing. Dari hasil analis SWOT alternatif strategi yang sesuai untuk meningkatkan pemasaran Saplika di Desa Cureh Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen adalah menggunakan strategi agresif yaitu dengan cara menjaga hubungan baik dengan mitra usaha untuk memudahkan memperoleh bahan baku berkualitas, menjaga kepercayaan konsumen agar merk semakin terkenal dan permintaan semakin kontinyu, serta mempromosikan melalui media pemasaran online bahwa produk yang dihasilkan tanpa bahan kimia berbahaya.

Kata kunci : Strategi Pemasaran, Saplika (Salak Plik Jangka).


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Anjarwati. 2009. Strategi Pemasaran Salak Pondoh Di Desa Rambah Baru Kecamatan Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Universitas Pasir Pengaraian, Pasir Pengaraian, Kabupaten Rokan Hulu, Riau.

Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta.

Lupiyoadi. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa (Edisi 2). Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Naibaho, Yuni. 2009. Gulma Mendrofa Sang Pencetus Olahan Salak Dari Tapsel. Dikutip dari www. medanbisnisonline.com/ 2009/02/09/gulma-mendrofasang-pencetus-olahan-salak-dari-tapsel/.

Rahayuningsih, 2013. Strategi Pemasaran Buah di UD. Wika Mitra Desa Kerobokan Kecamatan Kuta Utara. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, Volume 1, Nomor 1, April 2013, hlm 15-32

Rangkuti, F. 2006. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Siagian. 2009. Manajemen Strategi. http://blog-siagian.blogspot.com. Diakses tanggal [02 Maret 2017].

Soekartawi, 2007. Manajemen Pemasaran Dalam Bisnis Modern. Pustaka Harapan, Jakarta.

Stanton, William J. 2007. Prinsip Pemasaran. Jakarta: Edisi ke Tujuh, Alih Bahasa Y. Lamarto, Erlangga


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.