ANALISIS KELAYAKAN USAHA SERKAP AYAM DI DESA PANTON MESJID KECAMATAN MAKMUR KABUPATEN BIREUEN

Aulia Rahmat, T.M. Nur

Sari


ABSTRAK

 

Penelitian ini dilakukan di Desa Panton Mesjid Kecamatan Makmur Kabupaten Bireuen yaitu pada usaha kerajinan serkap ayam Bapak Yusuf, yang dilaksanakan pada bulan Desember 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan usaha serkap ayam di Desa Panton Mesjid Kecamatan Makmur Kabupaten Bireuen. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus analisis biaya, penerimaan, keuntungan, Revenue Cost Ratio (R/C) dan Benefit Cost Ratio (B/C). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan diketahui bahwa usaha kerajinan serkap ayam di Desa Panton Mesjid Kecamatan Makmur Kabupaten Bireuen menguntungkan, dengan total keuntungan adalah sebesar Rp. 1.888.056,-/bulan atau Rp. 22.656.667,-/tahun. Dari besarnya keuntungan yang diperoleh dan berdasarkan perhitungan nilai R/C rasio dan B/C rasio, dapat disimpulkan bahwa usaha kerajinan serkap ayam di Desa Panton Mesjid Kecamatan Makmur Kabupaten Bireuen layak untuk diusahakan.

Kata kunci : Analisis Kelayakan, Kerajinan Serkap Ayam


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Fatmawati. 2011. Analisis Kelayakan Usaha Kerajinan Anyaman Tikar Pandan di Kecamatan Jaya, Kecamatan Tidore Utara, Tidore Kepulauan. Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Amuntai Tidore

Hardjanto, W. 2006. Bahan Kuliah Manajemen Agribisnis. Jurusan Ilmu-ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian. IPB. Bogor.

Ibrahim Yacob, H. M. 2009. Studi Kelayakan Bisnis, Edisi Revisi, Penerbit PT. Rineka. Cipta, Jakarta

Kasmir dan Jakfar. 2007. Studi Kelayakan Bisnis, Edisi 2. Kencana: Jakarta.

Markus, 2009. Tanaman Bambu (Potensi Yang Belum Dikembangkan). Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan. Banjarbaru

Nitisemito, Alex, 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia, Gema pustaka, Jakarta.

Puspitadewi. 2008.Analisis Usahatani Stroberi (Studi Kasus Desa Tongkoh Kecamatan Tiga Panah dan Desa Korpri Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo. Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Sumatera. Medan.

Rahim, A. dan Hastuti, D.R.D. 2007. Ekonomika Pertanian (Pengantar, Teori, dan Kasus). Penerbit Penebar Swadaya. Cimanggis, Depok, Jakarta.

Ridwati, 2010. Pemanfaatan Bambu di Indonesia. Fakultas Pertanian. Program Ilmu Kehutanan. Universitas Sumatera Utara. Medan

Soeharjo dan Patong, 2006. Sendi-Sendi Pokok Usaha Tani. Departemen Ilmu Sosial Ekonomi. Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Soekartawi. 2006. Teori Ekonomi Produksi. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Sugiarto, 2010. Ekonomi Mikro Suatu Pendekatan Praktis. Gramedia Pustaka Utama : Jakarta.

Surya. 2009. Ekonomi Agribisnis Pertanian. Akademika Pressindo. Jakarta.

Utomo. E.W. 2013. Analisis Kelayakan Pengembangan Usaha Kerajinan Sangkar Burung Dengan Pendekatan Value Engineering Guna Efisiensi Biaya Produksi. Jurnal Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Yanti. F. J. 2009. Analisis Kelayakan Usaha Keranjang Bambu di Desa Sigodang, Kecamatan Panei, Kabupaten Simalungun. Jurnal Program Studi Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.