ANALISIS PEMASARAN KERUPUK RENGKAN DI DESA GAMPONG RAYA DAGANG KECAMATAN PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN

Amiruddin .

Sari


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Saluran Pemasaran dan keuntungan agen pada Pemasaran Kerupuk Rengkan di desa Gampong Raya Dagang Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen. Penelitian telah dilaksanakan pada tanggal bulan April 2017 sampai dengan selesai penelitian. Analisis biaya pemasaran dan margin pemasaran dalam saluran pemasaran digunakan alat analisis biaya dan margin pemasaran (cost margin analysis) yaitu dengan menghitung besarnya biaya, keuntungan, dan margin pemasaran pada tiap  perantara pada berbagai saluran pemasaran. Berdasarkan hasil dan pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa Agroindustri kerupuk rengkan di desa Gampong Raya dagang Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen memiliki tingkat efisien pemasaran yang baik, dapat dilihat dari hasil perhitungan margin pemasaran pada saluran I dan persentase bagian yang diterima produsen kerupuk rengkan. Dianggap efisien secara ekonomis dikarenakan nilai persentase margin pemasaran yang diperoleh adalah 20% sedangkan bagian yang diterima produsen kerupuk rengkan di desa Gampong Raya dagang Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen lebih besar dari 50% yaitu 80%, maka dengan demikian bagian yang diterima oleh produsen kerupuk rengkan di desa Gampong Raya dagang Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen adalah efisien.

 

Kata Kunci : Analisis, Pemasaran, Margin Pemasaran, Biaya Pemasaran.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


. Rahim dan Diah Retno Dwi Hastuti 2007, Ekonomika Pertanian, Pengantar. Teori dan Kasus, Penebar Swadaya:Jakarta

Basu Swastha, dan Irawan, 2003, Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta,. Penerbit : Liberty

Basu Swastha. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedelapan. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit Liberty.

Cristoporus Dan Sulaeman. 2009. Analisis biaya produksi dan saluran pemasaran jagung di Desa LabuanTopaso Kecamatan Tawaeli Kabupaten Donggala.

Darmawanti, 2009. Hubungan corporate governance dan kinerja perusahaan. Simposium nasional akutansi VII. Denpasar

Intan Ayu Purnamasari, 2010, saluran pemasaran jeruk di Kabupaten Bangli. Fakultas pertanian. Universitas sebelas maret. Surakarta.

Jermia Polak, dkk. 2013. Analisis margin pemasaran hasil Pertanian Cengkih di Desa Lalumpe Kecamatan Kombi.

Kotler, Philip dan Keller, 2007, Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi. Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta.

Purnamasari, Intan Ayu. 2010. Saluran pemasaran jeruk di Kabupaten Bangli, mengkaji biaya, keuntungan dan marjin pemasaran jeruk di Kabupaten Bangli.

Rasyaf, M. 2007. Beternak Ayam Broiler. Jakarta: Penebar Swadaya.

Saragih, B. 2000. Agribisnis Berbasis Peternakan. Bogor ; Pustaka Wirausaha.

Soekartawi (2005). Ilmu usaha tani. Rajawali Press; Jakarta

Soekartawi, 2003. Prinsip Ekonomi Pertanian. Rajawali Press. Jakarta.

Soekartawi (2006), Ilmu Usahatani. Gramedia : Jakarta

Stanton, William J., 2005, Prinsip Pemasaran, Jilid 1, Edisi ketujuh, terjemahan. Erlangga;Jakarta

Sudiyono, A. 2002. Pemasaran Pertanian. UMM_Press. Malang.

Sudiyono, A. 2010. Pemasaran Pertanian. Universitas Muhamadiyah.Malang.

Sudiyono, 2008. Pemasaran Pertanian. Universitas Muhammadiyah Malang. Malang.

Sugiyono. 2006. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D”. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.