ANALISIS HARGA DAN PEMASARAN KAYU PALAPI BERDASARKAN UKURAN DAN KUALITAS DI DESA BLANG COT TUNONG KECAMATAN JEUMPA KABUPATEN BIREUEN

Nanda Bridia

Sari


ABSTRAK

 

Penelitian ini dilakukan pada Usaha Pemasaran Kayu Palapi di Gampong Blang Cot Tunong Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen pada tanggal bulan April 2018 sampai dengan selesai penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Harga dan pemasaran kayu palapi berdasarkan Ukuran dan Kualitas serta  mengetahui efisiensi pemasaran kayu palapi di desa Blang Cot tunong kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Rumus analisis Biaya Pemasaran, Keuntungan Pemasaran, Margin pemasaran dan Efisiensi Pemasaran.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Agroindustri kayu palapi di desa Blang cot tunong Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen memiliki tingkat efisien pemasaran yang baik, dapat dilihat dari hasil perhitungan margin pemasaran pada saluran tidak langsung dan persentase bagian yang diterima produsen kayu palapi. Dianggap efisien secara ekonomis dikarenakan nilai persentase margin pemasaran yang diperoleh adalah 4,6% sedangkan bagian yang diterima produsen kayu palapi di desa Blang cot tunong Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen lebih besar dari 50% yaitu 95% bagian yang diterima oleh produsen, maka dengan demikian pemasaran kayu palapi di desa Blang cot tunong Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen adalah efisien.

Kata Kunci : Analisis harga, Pemasaran,  Kayu Palapi dan  Margin Pemasaran.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Abd.Rahim dan Diah Retno DwiHastuti 2011, Ekonomika Pertanian, Pengantar. Teori dan Kasus, Penebar Swadaya:Jakarta

Agustina, 2013.Analisis efisiensi pemasaran kayu jati rakyat di Kabupaten Konawe Selatan.

Badan Pusat Statistik. (2012). Nilai Tambah Menurut Subsektor 2001-2009.from http :// www.bps.go.id/tab (diakses pada tanggal 02 Juli 2017)

Basu Swastha. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedelapan. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit Liberty.

Cristoporus Dan Sulaeman. 2014.Analisis biaya produksi dan saluran pemasaran jagung di Desa LabuanTopaso Kecamatan Tawaeli Kabupaten Donggala.

Darmawanti, 2012.Hubungan corporate governance dan kinerja perusahaan.Simposium nasional akutansi VII. Denpasar

Darusman, dkk. 2010. Pemasaran Kayu Dari Lahan Petani Di Propinsi Lampung

Dumanauw.J.F, 2010.Wood Treatment Skill.USA ; Word Science Libarary

Mardianto, 2010.Dinamika Pola Pemasaran Gabah dan Beras.Jakarta : Erlangga.

Maulida, 2014. Analisis Pemasaran Kayu Hutan Rakyat di Kecamatan Leuwisadeng, Cigudeg, dan Jasinga. Penelitian yang dilakukan di Kecamatan

Nurhapy, 2011. Pemasaran Beras Ir 64 Dari Desa Tes Lebong Selatan Ke Pasar Tradisional modern (Ptm) Kota Bengkulu

Rasyaf, M. 2013. Pemasaran Hasil Pertanian. Jakarta: Penebar Swadaya

Soekartawi, 2010. Prinsip Ekonomi Pertanian. Rajawali Press. Jakarta.

Soekartawi, 2012. Ilmu Usahatani. Gramedia : Jakarta

Stanton. 2007. Strategi dan Saluran Pemasaran. Rajawali Press. Jakarta.

Sudiyono, A. 2010. Pemasaran Pertanian. UMM_Press. Malang.

Sudiyono, A. 2013.Pemasaran Pertanian.Universitas Muhamadiyah.Malang.

Sugiyono.2011. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D”. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy, 2012, Strategi Pemasaran, Edisi 3, ANDI: Yogyakarta.

Winaryo, 2014.Aktivitas pemasaran serta perilaku konsumen.Jakarta : Penebar Swadaya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.