ANALISIS PROFITABILITAS PADA HOME INDUSTRI ROTI SELAI SAMAHANI DI KECAMATAN KUTA MALAKA KABUPATEN ACEH BESAR (Studi Kasus Usaha Bapak Darwin)

Zikha Neubrina

Sari


ABSTRAK

 

Penelitian ini dilakukan di Pasar Samahani km.18, Kecamatan Kuta Malaka Kabupaten Aceh Besar, pada bulan September 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profitabilitas pada home industri Roti Selai Samahani di Kecamatan Kuta Malaka Kabupaten Aceh Besar. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus analisis biaya, penerimaan, keuntungan dan profitabilitas. Berdasarkan penelitian dan analisis yang telah dilakukan, diketahui bahwa home industri Roti Selai Samahani di Kecamatan Kuta Malaka Kabupaten Aceh Besar memperoleh pendapatan sebesar Rp. 1.123.200.000/tahun dari total biaya produksi sebesar Rp.958.116.389/tahun. Keuntungan Home Industri Roti Selai Samahani sebesar Rp.165.083.611/tahun atau Rp.529.9114/produksi. Home Industri Roti Selai Samahani di Kecamatan Kuta Malaka Kabupaten Aceh Besar memiliki profit yang diperoleh adalah sebesar 17,23 persen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa home industri Roti Selai Samahani di Kecamatan Kuta Malaka Kabupaten Aceh Besar memiliki profit.

 Kata Kunci : Profitabilitas, Home Industri Roti Selai Samahani.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Assauri, Sofyan.2007.Manajemen Pemasaran, Konsep dan Strategi. Jakarta: Rajawali Pers

Hendra S. Raharja Putra. (2009). Manajemen Keuangan dan Akutansi Untuk Eksekutif Perusahaan, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Hendy Adiemas S, 2010. Analisis Usaha Industri Tape Skala Rumah Tangga di Kabupaten Sukoharjo. Laporan Penelitian Surakarta.

Husnan, Suad dan Enny Pudjiastuti. 2005. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan.

Jatmiko, RD, 2004, Manajemen Strategik, Edisi Pertama, UMM press, Malang

Kieso, Weygandt, dan Warfield. (2011). Akuntansi Intermediate, Edisi Kedua Belas, Erlangga, Jakarta

Kuncoro, Mudrajad.2009. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Michelle and Megawati. 2005. Tingkat Pengembalian Investasi Dapat Diprediksi Melalui Profitabilitas, Likuiditas, dan Leverage. Kumpulan Jurnal Ekonomi_com.

Michelle, dan Megawati. 2005. Memprediksi Tingkat Pengembalian Investasi Melalui Rasio Profitabilitas, Likuiditas, dan Leverage (studi pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di BEI Periode Pengamatan Tahun 2001-2004). Tesis. Program Pascasarjana Universitas Airlangga Surabaya.

Mulyadi,2005. Akutansi Biaya. Edisi Kelima. Yogyakarta ; UPPAMP YKPN Universitas Gajah Mada.

Nafarin,M .2007 . Penganggaran Perusahaan. Jakarta: Salemba Empat

Nafarin. 2006. Penganggaran Perekonomian. Edisi Ketiga. Iakarta: Salemba Empat.

Nugraheni Retnaningsih, 2013. Analisis Break Even Point (BEP) dan Profitabilitas Usaha Roti Pada “Ganep Bakery” di Surakarta. Laporan penelitian. Surakarta

Porter, Michael E. 2008. Strategi Bersaing (competitive strategy). Tangerang : Kharisma Publishing Group.

Riski Rosadillah, 2014. Analisis Profitabilitas Usaha Keripik Sukun Pada Industri Rumah Tangga “Citra Lestari Production”Di Kota Palu. laporan penelitian. Kota Palu.

Sabatini Cecilia dan Edwin Japarianto, 2014, pengaruh Marketing Mix, Psychological Factors, Social Factors dan Situational Factors terhadap Cara Pandang dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Roti boy di Tunjungan Plaza dan City of Tomorrow Surabaya.

Soeharjo danPatong, 2008. Sendi-Sendi Pokok Usaha Tani. Departemen Ilmu Sosial Ekonomi. Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Soekartawi, 2005. Agribisnis Teori dan Aplikasinya, Raja Grafindo persada : Jakarta.

Suad Husnan.2001, Dasar-dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas.Yogyakarta. Penerbit: UPP AMP YKPN.

Sukirno, 2006. Ekonomi Pembangunan Proses masalah dan Dasar Kebijakan, cetakan ketiga, Penerbit Kencana, Jakarta.

Wild, John, K.R. Subramanyam, dan Robert F. Halsey. 2005. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Delapan, Buku Kesatu. Alih Bahasa : Yanivi dan Nurwahyu. Jakarta: Salemba Empat.

Zulkifli, 2007. Manajemen Biaya, UPP AMP YKPN. Yogyakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.