STRATEGI PEMASARAN KERAJINAN SANGKAR BURUNG DI GAMPONG GEDONG TAMPUNG KECAMATAN JEUMPA KABUPATEN BIREUEN

Tutia Rahmi, T.M Nur

Sari


ABSTRAK

 

Penelitian ini dilakukan di Gampong Gedong Tampung Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen yaitu pada usaha kerajinan sangkar burung Bapak Bakhtiar, yang dilaksanakan pada bulan September 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran kerajinan sangkar burung di Gampong Gedong Tampung Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan menggunakan analisis SWOT. Berdasarkan hasil analisis faktor internal dapat diidentifikasi bahwa kekuatan utamanya adalah memiliki bentuk yang beragam dan kelemahannya utamanya adalah keterbatasan modal. Sedangkan dari hasil analisis faktor eksternal, dapat diindentifikasikan peluang utamanya adalah meningkatkan kebutuhan tersier masyarakat dan ancamannya utamanya adalah naiknya harga bahan baku. Dari hasil analis SWOT alternatif strategi yang sesuai untuk memasarkan kerajinan Sangkar Burung di Gampong Gedong Tampung Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen adalah dengan menggunakan strategi kebijakan pertumbuhan yang agresif (growth oriented strategy) yaitu dengan cara meningkatkan kreatifitas bentuk sangkar agar makin diminati konsumen  seiring meningkatnya kebutuhan tersier masyarakat, dan menggunakan bahan baku berkualitas agar produk mudah dipasarkan oleh para agen distributor.

Kata kunci : Strategi Pemasaran, Kerajinan Sangkar Burung.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Badan Pusat Statistik (BPS). 2016. Data Jenis dan Jumlah Usaha Kerajinan di Kabupaten Bireuen. Bireuen Dalam Angka.

Cannon, Joseph P. William D. Perreault, Jrdan E. Jerome Mc Charty. 2008. Pemasaran Dasar-Pendekatan Manajerial Global. Edisi Keenam Belas. SalembaEmpat:Jakarta.

Ilmi. E. Mahfidatul, Joko Widodo2, Sutrisno Djaja3. 2015. Profil Home Industri Kerajinan Sangkar Burung Di Desa Dawuhan Mangli Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember.JurnalProgram Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember (UNEJ)

Kotler, Philip.2007.ManajemenPemasaran: Analisis,Perencanaan, Implementasi dan Kontrol. Jilid 1 dan 2.Edisi Kesembilan. PT.Prenhalindo: Jakarta.

Kurtz. 2008. Pengantar Bisnis (Jilid 1). Erlangga. Jakarta.

Lupiyoadi. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa (Edisi 2). Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Mahardhika. 2014. Strategi Pemasaran Produk Kerajinan Anyaman Enceng Gondok Di Kecamatan Amuntai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Utara. JurnalSekolah Tinggi Ilmu Pertanian Amuntai. Malang.

Misrawati.2013. Analisis Strategi Pemasaran Kerajinan Kayu Antik Untuk Memasarkan Produk Di Pasar Domestik Pada CV. Bima Bantul Yogyakarta.JurnalJurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Rangkuti,Ferddy.2007.Creating effectiveMarketing Plan: Teknik Membuat Marketing Plan Berdasarkan Customer. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Sianipar dan Entang. 2008. Teknik- Teknik Analisis Manajemen. Bahan Ajar Diklat PIM Tingkat III

Sitta, Azmi. 2011. Strategi Pemasaran Bunga Pajangan Berbasis Limbah Tumbuhan Kering di Kota Malang. PKM Gagasan Tertulis Bidang IPS (PKM-GT IPS). JurnalInstitut Pertanian Bogor.

Tjiptono, F. 2010. Strategi Pemasaran. PT. Agromedia. Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.