ANALISIS BAURAN PEMASARAN BERAS PADA USAHA KILANG PADI CV. ALIF DI GAMPONG ABEUK JALOH KECAMATAN JANGKA KABUPATEN BIREUEN

Hayatun Nisa

Sari


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana Bauran Pemasaran beras pada Usaha Kilang Padi CV. Alif di Gampong Abeuk Jaloh Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen.Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisa SWOT.Data yang diperoleh diklasifikasikan secara kualitatif, menurut analisis lingkungan internal untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan usaha, dan analisis lingkungan eksternal untuk mengetahui peluang dan ancaman yang di hadapi usaha tersebut, yang kemudian dituangkan dalam Matrixs SWOT.Hasil analisis faktor internal dapat diidentifikasi bahwa kekuatan utamanya adalah produksi kontinu, sedangkan kelemahan utama adalah promosi mouth to mouth.Sedangkan faktor eksternal, dapat diidentifikasikan peluang utama adalah bahan permintaan meningkat.dan ancaman utama adalah faktor harga gabah tidak stabil. Hasil analisis SWOT menunjukkan pemasaran beras akan tepat apabila  melakukan strategi growth oriented, yaitu merupakan situasi yang menguntungkan. Perusahaan tersebut memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada.

Kata Kunci : Analisis Bauran, Penggilingan Padi,  Analisa SWOT.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Armstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1. Erlangga, Jakarta.

Basu Swastha dan Irawan, (2005), Manajemen Pemasaran Modern. Liberty,.Yogyakarta.

Booms dan Bitner, 2000.Marketing Strategies and Organizational Structures for.Service Firms in Marketing of Services, American Marketing Association.

Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bireuen, 2016. Data Jumlah Luas Lahan Padi di Kabupaten Bireuen.

Djasmin Saladin, 2001. Intisari Pemasaran dan Unsur Pemasaran. Lindakarya, Bandung

Jogiyanto,HM., 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi, ANDI, Yogyakarta.

Kotler, Philip. 2004. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, implementasi dan Kontrol, Edisi Sebelas. Alih Bahasa, Hendra Teguh. Jakarta: Penerbit PT. Erlangga.

Kotler dan Keller, 2007. Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1, PT.Indeks,. Jakarta.

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga.

Lupiyoadi, Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Kedua. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Mardianto, 2005.Dinamika Pola Pemasaran Gabah dan Beras.Jakarta : Erlangga.

Nurhapy, 2011.Pemasaran Beras Ir 64 Dari Desa Tes Lebong Selatan Ke Pasar Tradisionalmodern (Ptm) Kota Bengkulu

Soekartawi, 2006. Ilmu Usaha Tani. Jakarta : Erlangga.

Suryana. (2001). Kewirausahaan: Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju. Sukses. Penerbit Salemba, Jakarta.

Tjiptono, Fandy, 2008, Strategi Pemasaran, Edisi 3, ANDI: Yogyakarta.

Zacky, 2007.Peramalan dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Fluktuasi Harga Beras IR II Tingkat Konsumen di Beberapa Kota Besar Di Pulau Jawa dan Bali.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.