PERUBAHAN MUTU FISIK BUAH ALPUKAT (Percea americana mill) SELAMA PEMATANGAN DALAM KONDISI PENYIMPANAN YANG BERBEDA

Syahirman Hakim

Sari


ABSTRAK

Buah Alpukat termasuk jenis buah yang mudah mengalami kerusakan setelah panen apabila tidak dilakukan penanganan yang sesuai pada saat penyimpanan.Penelitian ini bertujuan untuk (1) mempelajari pengaruh kondisi penyimpanan terhadap mutu fisisk buah alpukat dengan parameter susut bobot, kekerasan dan (2) mengetahui perlakuan terbaik yang dapat memperpanjang umur simpan buah alpukat. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 3 perlakuan yaitu K1= Kontrol, K2=Penyimpanan dalam piring styrofoam dibungkus plastik LDPE, K3= Penyimpanan dalam karung yang berisi beras dengan 3 ulangan. Data dianalisis menggunakan sidik ragam pada α=5%. Jika hasilnya berbeda nyata maka dilanjutkan denganUji Duncan pada α =5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buah alpukat yang di simpan dalam piring styrofoam dibungkus plastik LDPE memiliki umur simpan 10 hari, penyimpanan dengan kontrol memiliki umur simpan 8 hari sedangkan penyimpanan dalam karung yang berisi beras memiliki umur simpan 6 hari. Berdasarkan analisis sidik ragam dengan taraf 5%, perlakuan variasi penyimpanan berpengaruh terhadap susut bobot dan kekerasan. Perlakuan terbaik pada penelitian ini adalah K2 (dengan umur simpan 10 hari).

Kata Kunci: Buah Alpukat, mutu fisik, penyimpanan, umur simpan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Ahmad, U. 2013. Teknologi Penanganan Pascapanen Buahan dan Sayuran. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Dumadi, S.R. 2001. Penggunaan kombinasi adsorban untuk memperpanjang umursimpan pisangcavendish. Jurnal Teknik dan Industri pangan. Vol XII, No.1, 13p—20p.

Institut of Food Technology. 1974. Shelf life ofFood. Report by Institute of Food and Technologiest Expert. IFI Chicago, Illinois.

Kays, S.J. 1997. Post Harvest Physiology and Storage of Tropical and Subtropical Fruits Edited by S.K.Mitra. CAB International. UK.

Satuhu, S. 1993. Penanganan dan Pengolahan buah. Penebar Swadaya, Jakarta.

Winarno, F.G. 2002. Fisiologi Lepas Panen Produk Hortikultura. MBrio Press. Bogor.

Winarno, F.G. 2008. Kimia Pangan dan Gizi.MBrio Press. Bogor.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.