HUBUNGAN ANTARA MINAT DAN MOTIVASI DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWI TINGKAT II PROGRAM STUDI DIPLOMA III KEBIDANAN STIKES U’BUDIYAH BANDA ACEH

Yulisa SST

Sari


Prestasi belajar mahasiswa di perguruan tinggi merupakan salah satu tolok ukur keberhasilan perguruan tinggi dalam penyelenggaraan sistem pendidikan, Minat sangat mempengaruhi dalam proses belajar. Kalau seseorang tidak berminat untuk  mempelajari sesuatu, Ia tidak dapat diharapkan akan berhasil
dengan baik dalam mempelajari hal tersebut. Dalam hubungannya dengan kegiatan belajar, Minat menjadi motor penggerak untuk dapat mencapai tujuan yang diinginkan, IP rata-rata STIKes U’budiyah Banda Aceh tahun 2010/2011 adalah 2,85 dari 780 mahasiswi dengan IPK rata-rata adalah 2,97. Dari
hasil data diatas ditemukan bahwa rata-rata nilai mahasiswa STIKes U’Budiyah Banda Aceh masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara minat dan motivasi dengan prestasi belajar mahasiswi tingkat II program studi diploma III kebidanan STIKes U’budiyah
Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian survey yang bersifat analitik dengan rancangan Crossectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswi tingkat II kebidanan yang
berjumlah 110 orang dengan pengambilan sampel yaitu sebagian dari mahasiswi yang berjumlah 31 orang pada tahun 2011. Dari hasil penelitian, sebanyak 64,5% mahasiswi dengan motivasi belajar yang tinggi, 67,7% mahasiswi dengan minat belajar yang tinggi, 74,2% mahasiswi dengan tingkat ekonomi keluarga yang tinggi dan 61,3% mahasiswi dengan prestasi yang tinggi dan hasil analisis statistik menunjukkan adanya hubungan antara variabel penelitian Sehingga dapat disimpulkan adanya hubungan antara motivasi, minat, dengan prestasi belajar mahasiswi tingkat II Program Studi Diploma III
kebidanan U’budiyah.

Kata Kunci : Prestasi belajar, motivasi dan minat


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Depdikbud. (2002). Model-model Pembelajaran Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta: PGSM

Irawan,dkk. (1997). Teori Belajar, Motivasi, dan

Keterampilan Mengajar. Jakarta: Depdiknas.

Koswara, E. (2001). Teori-teori Kepribadian Edisi

II. Bandung: PT Eresco

Nasution, S. (2008). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara

Nurkholis, Agus. (2006). Faktor-Faktor yang Mem- pengaruhi Prestasi Belajar. Dikutip Juni

Sunartombs. (2009). Pengertian Prestasi Belajar. http://wordpress.com/2009 dikutip 12 Juli

Sudjana, N. (1997). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung:Sinar Baru Algensindo Sudjana. 1992. Metode Statistika. Edisi ke-5. Bandung: Tarsito

Suryosubroto. (1997). Proses Belajar Mengajar di

Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Winkel,WS. (1994). Psikologi Pendidikan dan

Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.