HUBUNGAN ANTARA PEMBERIAN PENDIDIKAN SEKS DENGAN PERILAKU SEKSUAL PADA REMAJA DI SMA NEGERI 1 TANAH LUAS KABUPATEN ACEH UTARA

Hesti Wahyuni S.SiT

Sari


Zaman globalisasi ini, banyaknya muncul masalah perilaku yang amoral yang dilakukan manusia khusus-nya para remaja, seperti perilaku seksual tidak sehat. Disebabkan remaja tidak mendapatkan pendidikan seks yang benar. Remaja memperoleh pendidikan seks dari teman, media cetak dan elektronik yang belum pasti informasinya benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pemberian pendidikan seks dengan perilaku seksual pada remaja di SMA Negeri 1 Tanah Luas Kabupaten Aceh Utara. Penelitian dilakukan secara deskriptif analitik dengan rancangan potong lintang (cross sectional). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi SMA Negeri 1 Tanah Luas Kabupaten Aceh Utara berjumlah 613 orang dan sampel 242 responden yang diambil secara random sampling. Hasil uji chi-squre menunjukkan antar variabel yang diteliti dan hasil analisis Exact Sig. (2-sided) disimpulkan tidak ada hubungan pemberian pendidikan seks dengan perilaku seksual remaja.


Kata Kunci : Pendidikan Seks, Perilaku Seksual, Remaja


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Budiarto, E. (2003). Biostatistik untuk Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat. Jakarta. EGC.

Notoatmodjo, S. (2003). Ilmu kesehatan Masyara kat Prinsip-prinsip Dasar. Jakarta. Rineka Cipta.

Putriani, N. (2010). Faktor-faktor yang Mempe-ngaruhi Pengetahuan Remaja tentang Kesehatan Reproduksi di SMA Negeri 1 Mojogedang. Skripsi. Univ. Diponegoro.

Resapugar. (2009). Eksploitasi Seksual Remaja; Sebuah Ancaman Kehancuran Bangsa. http://www.ponpeskarangsem.com (Diakses tanggal 12 Agustus 2010).

Sarwono, S, W. (2006). Psikologi Remaja. Jakarta. PT Raja Grafindo.

Soetjiningsih. (2004). Tumbuh Kembang Remaja dan Permasalahannya. Jakarta. Sagung Seto.

Wanto, J. (2009). Pentingnya Pendidikan Seks Sejak Dini. Koran Anak Indonesia. Yudhasmara Publisher.

http://www.korananakindonesia.wordpreess.com (Diakses tanggal 12 Agustus 2010).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.