HUBUNGAN PENERAPAN ATRAUMATIC CARE DENGAN STRES HOSPITALISASI PADA ANAK DI RUANG ANAK RUMAH SAKIT UMUM CUT MEUTIA KABUPATEN ACEH UTARA TAHUN 2015

Siti Rahmah dan Ns Fitriani Agustina

Sari


Hospitalisasi pada pasien anak dapat menyebabkan kecemasan dan stres. Reaksi anak terhadap hospi-talisasi sangat bervariasi dan bersifat individual bergantung pada tumbuh kembang anak, pengalaman perawatan rumah sakit sebelumnya, sistem pendukung dan kemampuan koping anak. Upaya untuk mengurangi trauma pada anak dibutukan pengetauan tentang stressor yang melingkupi anak sakit dan intervensi yang dilakukan, dengan harapan dapat menjadi efektif untuk menghilangkan atau mengurangi stresor yang ada. Hal ini dapat dicapai dengan cara penyediaan pelayanan yang atraumatik (atraumatic care). Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi hubungan penerapan keperawatan atraumatik terhadap stres hospitalisasi pada anak di ruang anak Rumah Sakit Umum Cut Meutia Kabupaten Aceh Utara tahun 2015, menggunakan desain  penelitian analitik. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah 20 responden. Analisis data menggunakan statistik chi square. Untuk memperoleh informasi dari responden, peneliti menggunakan instrument kuesioner. Hasil penelitian membuktikan bahwa ada hubungan penerapan keperawatan atraumatik terhadap stres hospitalisasi pada anak di ruang anak Rumah Sakit Umum Cut Meutia Kabupaten Aceh Utara tahun 2015. Untuk itu diharapkan kepada perawat dapat melibatkan keluarga dalam menerapkan atraumatic care pada setiap intervensi keperawatan dan dapat mempercepat proses penyembuhan dengan menekan tingkat stres anak.

 

Kata kunci:  atraumatic carestres hospitalisasi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Arikunto. S. (2002). Prosedur Penelitian edisi revisi V. Jakarta. Rineka Cipta.

Basford, Lynn., Slevin, Oliver. (2006). Teori dan Praktik Keperawatan ; Pendekatan Integral pada Asuhan Pasien. Jakarta. EGC.

Bolin, Novita. (2011). Hubungan Penerapan Atraumatik Care Dalam Pemasangan Infus Terhadap Respon Kecemasan Pada Anak Yang Mengalami Hospitalisasi di Irna D Anak Rumah Sakit Dr. M. Djamil Padang Tahun 2010. Skripsi, Padang; Universitas Andalas

Hidayat, Azis Alimul A. (2008). Pengantar ilmu Keperawatan Anak. Jakarta : Salemba Medika.

_______ (2009). Pengantar Konsep Dasar Keperawatan. Jakarta ; Salemba Medika.

Ibung, Dian. (2008). Stres Pada Anak (usia 6-12 Tahun). Jakarta: Gramedia.

Kozier, Barbara. (2010). Buku Ajar Fundamental Konsep, Proses dan Praktik. (edisi Tujuh) Vol 1. Jakarta: EGC.

Nursalam. (2003). Konsep dan Penerapan Meto-dologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pedo-man Skripsi, Tesis dan Instrumen Peneli-tian Keperawatan. Jakarta,Salemba Medika.

Nursalam., Susilaningrum, Rekawati., Utami, Sri. (2008). Asuhan Keperawatan Bayi dan Anak (untuk Perawat dan Bidan). Jakarta. Salemba Medika.

Sacharin, Rosa M. (1996). Prinsip Perawatan Pediatrik Jakarta. EGC.

Smetlzer, Suzanne C. (2001). Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah Brunener & Suddarth Vol 3 Ed 8. Jakarta : EGC.

Sunaryo. (2004). Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta : EGC.

Supartini, Yupi. (2004). Buku Ajar Konsep Dasar Keperawatan Anak. Jakarta : EGC.

Widyastudi, Papuli. (2003). Manajemen Stres. Jakarta: EGC.

Wong, Donna L. (2004). Pedoman Klinis Keperawatan Pediatrik. Jakarta, EGC.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.