HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN IBU DENGAN STATUS GIZI BALITA DI DESA UTEUEN BUNTA KECAMATAN PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN TAHUN 2019

Nurhidayati MPH

Sari


Perkembangan ilmu pengetahuan dewasa ini begitu pesat. Walaupun  ilmu pengetahuan dan teknologi gizi berkembang pesat, masalah gizi yang muncul dewasa ini sangat kompleks. Salah satu masalah gizi tersebut adalah rendahnya status gizi masyarakat. Tingkat gizi masyarakat dapat merupakan tolak ukur dari kemajuan program pembangunan suatu negara. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan dan pengetahuan ibu dengan status gizi balita di Desa Uteun Bunta Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen. Jenis penelitian ini bersifat analitik dengan pendekatan crossectional. Tehnik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan secara total populasi, dengan sampel ibu berjumlah 82 orang, dan balita berjumlah 83 orang. Hasil penelitian, diperoleh bahwa, Hubungan pendidikan dengan status gizi didapatkan nilai p = 4.916 dan df = 8 nilai p > 0.05 dan hubungan pengetahuan dengan status gizi ballita didapatkan nilai p = 1.681 dan df = 4 nilai p > 0.05. Jadi disimpulkan, tidak ada hubungan tingkat pendidikan dan pengetahuan ibu dengan status gizi balita di Desa Uteun Bunta Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen tahun 2019. Diharapkan agar ibu dapat lebih meningkatkan pengetahuan dan informasi khususnya tentang status gizi pada balita, agar dapat memotivasi ibu untuk selalu memberikan makanan yang bergizi yang tepat untuk balitanya.

Kata kunci: Pendidikan, pengetahuan, status gizi balita


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Sediaetama Achmad Djaeni, Ilmu Gizi Untuk Profesi dan Mahasiswa, Dien rakyat,

Almatsier, S. 2009. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta : Penerbit Gramedia

Depkes, RI. 2010. Profil Kesehatan Indonesia. www.depkes.Indonesia.co.id, Diakses pada tanggal 25 Februari 2018

Fuad, Ihsan. 2005. Dasar-dasar Pendidian. Jakarta: PT Rineka Cipta

Riskesdas. 2010. Prevalensi Status Gizi Balita. www.riskesdas.co.id Diakses pada tanggal 25 Februari 2017

Dinkes Aceh. 2011. Profil Kesehatan Provinsi Aceh. www.dinkes.aceh.co.id. Diakses pada 26 Februari 2014

Depkes, RI. 2011. Profil Kesehatan Indonesia. www.depkes.Indonesia.co.id, Diakses pada tanggal 25 Februari 2014

Anonimous, 2002. Buku Penilaian Status Gizi ECG, WHO, Jakarta

Arumni, 2011. Hubungan tingkat pendidikan dan pengetahuan ibu tentang status gizi balita di Desa Modopuro Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto.

Notoatmodjo, S. 2012. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Supriasa, dkk. 2007. Penelitian Status Gizi. Jakarta : Buku Kedokteran EGC


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.