GAMBARAN PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG DAMPAK PERNIKAHAN DINI TERHADAP KESEHATAN REPRODUKSI DI SMA NEGERI 1 PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN TAHUN 2017

Irma Fitria, Herrywati Tambunan

Sari


Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui gambaran pengetahuan remaja putri tentang dampak pernikahan dini terhadap kesehatan reproduksi di SMA Negeri 1 Peusangan. Tujuan khususnya untuk mengetahui tingkat pengetahuan remaja putri tentang pengertian penyebab dan permasalahan akibat pernikahan dini, pengertian, tujuan, faktor yang berhubungan dengan kesehatan reproduksi, serta akibat pernikahan dini terhadap kesehatan reproduksi. Jenis penelitian adalah deskriptif, instrumen penelitian mengguna-kan kuesioner yang berbentuk lembaran checklist, tehnik pengambilan sampel dengan cara Proportionate Stratified Random Sampling. Hasil Penelitian menunjukkan pengetahuan siswi tentang pengertian perni-kahan dini pada kategori cukup (46%), faktor penyebab pernikahan dini pada kategori cukup (50%), permasalahan akibat pernikahan dini pada kategori cukup (37%), pengertian kesehatan reproduksi pada kategori cukup (56%), tujuan kesehatan reproduksi berada pada kategori baik (42%), faktor yang berhu-bungan dengan kesehatan reproduksi pada kategori cukup (52%), akibat pernikahan dini terhadap kese-hatan reproduksi pada kategori baik (45%). Jadi dapat memberi gambaran bahwa pengetahuan remaja putri tentang dampak pernikahan dini terhadap kesehatan reproduksi di SMA Negeri 1 Peusangan Kabupaten Bireuen, dalam kategori cukup.

 

Kata Kunci :  Pengetahuan, Pernikahan Dini, Kesehatan Reproduksi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Eddy Fadlyana & Shinta Larasaty. (2009). Bagian Ilmu Kesehatan Anak. FK Universitas Padjajaran/RS Dr Hasan Sadikin Bandung.

Eridani.www.Rahima.Or.id/index.PHP. Pernikahan Anak di Dunia (Internet).

Rakyat Merdeka On Line,

http://kesehatan.rmol.co/read. Pernikahan Dini di Indonesia (internet).

BKKBN. (2012). www.bkkbn.go.id. Pernikahan dini di Indonesia. (Internet).

Badan Pusat Statistik (BPS). (2010). Indikator Kesejahteraan Masyarakat Provinsi Aceh (internet).

Kantor Urusan Agama, (2012). Peusangan.

Widyastuti. (2009). Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta: Fitramaya.

Ahmad Zulkifli. (2011). Dampak Sosial Pernikah-an Usia Dini Studi Kasus di Desa Gunung Sindur Bogor Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi-(Internet).

http://www.gog.46865395.d.bmkzulkifliahmad.

Notoatmojo. S (2005). Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R& D. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo. (2007). Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.