PEMANFAATAN KEONG MAS (Pomacea canaliculata) UNTUK MEMPERCEPAT KEMATANGAN GONAD PADA IKAN NILA (Oreochromis niloticus)

Bakhtawar Bakhtawa, Muliari Muliari

Sari


ABSTRAK

 

                Ikan nila (Oreo chromis niloticus) merupakan salah satu komoditas yang banyak dipijahkan oleh masyarakat di kabupaten Bireuen sekarang ini. Salah satu alternatif pakan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan protein dalam mempercepat kematangan gonad pada ikan nila adalah keong mas (Pomacea canaliculata). Penelitian ini bertujuan untuk memenuhi efektifitas pemberian keong mas dalam mepercepat kematangan gonad pada ikan nila dan meningkatkan penggunaan pakan alami dalam kegiatan budidaya.Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni- Juli 2016 di Laboratorium Budidaya Perairan  dan  Laboratorium MIPA Universitas Almuslim dengan metode eksperimental menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan 2 ulangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan yang diberikan pakan keong mas 75% dan 25% pakan komersil dapat mepercepat waktu pematangan gonad ikan nila betina sebesar 21,46 gram dan ikan nila jantan sebesar 18,87 gram.

 

Kata Kunci: Keong Mas (Pomacea canaliculata), Ikan nila (Oreo chromis niloticus) Gonad


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Azrita; Syandri, H; Basri, Y. 2010. Pemanfaaatan Limbah Telur Ikan Bilih Sebagai Bahan Pakan Untuk Meningkatkan Daya Reproduksi Ikan Belingka (Puntius Belinka Blkr) Dan Hasil Produksi Benih Secara Massal.Laporan Penelitian Universitas Bung Hatta.

Basri. Y. 2011. Pemberian Pakan dengan Kadar Protein yang Berbeda terhadap Tampilan Reproduksi Induk Ikan Belingka (Puntius belingka Blkr). Skrispi Program Studi Budidaya Perairan Fakultas Pertanian dan Ilmu Kelautan. Universitas Bung Hatta.

Kusriningrum, R. S. 2008. Perancangan Percobaan. Airlangga University Press. Surabaya. hal. 43-69.

Solang, M dan Djuna. L. 2009. Peningkatan Pertumbuhan dan Indeks Kematangan Gonad Ikan Nila (Oreochromis niloticus) melalui Pemotongan Sirip Ekor. Torani (Jurnal Ilmu Kelautan dan Perikanan Budidaya Perairan). Vol.19 (3).

Solang, M. 2010. Indeks Kematangan Gonad Ikan Nila (Oreochromis niloticus) yang Diberi Pakan Alternatif dan Dipotong Sirip Ekornya. Saintek. Vol.5. No. 2.

(Arief, 2009).Pengamatan fekunditas dan

diameter telur dilakukan pada ikan

dengan TKG III dan IV

http://irfanmaulasyihab.blogspot.co.id/2012/05/

perikanan-dan-kelautan.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.