PENGARUH PERBEDAAN SALINITAS TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP BENIH IKAN MUJAIR (OREOCHROMIS MOSSAMBICUS IWAN DALAUK 1939)

Iskandar Iskandar

Sari


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan salinitas optimum untuk pertumbuhan benih ikan mujair dan mengetahui pengaruh perbedaan salinitas terhadap tingkat kelangsungan hidup benih ikan mujair. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni-Juli 2016, di Laboratorium Budidaya Perairan Universitas Almuslim.Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 3 perlakuan dan 3 kali ulangan yaitu perlakuan A dengan Salinitas 20 ppt , Perlakuan B dengan Salinitas 10 ppt dan perlakuan C dengan Salinitas 0 ppt. Parameter kualitas air yang diukur dalam penelitian ini adalah suhu, oksigen terlarut, pH, dan salinitas.Data yang diperoleh dari pengamatan disajikan dalam bentuk tabel dan grafik kemudian dianalisa dengan uji F (Anova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh yang berbeda nyata terhadap laju pertumbuhan sfesifik harian benih ikan mujair dengan nilai 2,1%. Perbedaan salinitas tidak menunjukkan pengaruh yang berbeda nyata terhadap pertambahan panjang benih ikan mujair dengan nilai 2,7 cm. Perbedaan salinitas menunjukkan pengaruh yang berbeda sangat nyata terhadap efisiensi pemberian pakan dengan nilai 0,73 %. Perbedaan salinitas tidak menunjukkan pengaruh yang berbeda nyata terhadap tingkat kelangsungan hidup benih ikan mujair dengan nilai 80%. Perbedaan salinitas menunjukkan pengaruh yang berbeda nyata tehadap tingkat konsumsi oksigen benih ikan mujair dengan nilai 0,58 mgO2/g/jam.

Kata Kunci : Salinitas, Tingkat Konsumsi Oksigen, Efisiensi Pakan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Ersa, I.M. 2008. Gambaran Histopatologi Insang, Usus, dan Otot pada IkanMujair (Oreochromis mossabicus) di daerah Cimpea, Bogor. Skripsi.Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Elyana.P. 2011.Pengaruh Penambahan Ampas Kelapa Hasil Fermentasi Aspergullus oryzae dalam Pakan Komersial terhadap Pertumbuhan Ikan Nila (Oreochromis niloticus Linn.).Perpustakaan.uns.ac.id.

Froese, Rainer. dan Daniel Pauly, ed. 2007. Oreochromis mossambicus. Fish Base, hal 22-37.

Herlinah dan Rachmansyah. 2010. Estimasi Padat Tebar Udang Pama (Penaeus semisulcatus) Berdasarkan Tingkat Konsumsi Oksigen. Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur. Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau. Sulawesi Selatan.

Hasanuddin. 2006. Parameter Kualitas Air. Jakarta. Penerbit PT. Penebar Swadaya. Jakarta.

Khairuman dan K. Amri. 2008. Budidaya Ikan. Agromedia. Jakarta.

Kelabora, D.M. 2010. Pengaruh Suhu Terhadap Kelangsungan Hidup dan Pertumbuhan Larva Ikan Mas (Cyprinus carpio). JurnalBerkala Perikanan Terubuk. 38(1): 71 – 81.

Kordi. G. 2009. Budidaya Perairan. PT. Citra Aditya Bakti. Bandung.

Kurniawan. 2009. Identifikasi Kualitas Air Berdasarkan Nilai Resistivitas Air. Kanisius.Yogyakarta.

Karunia P.P dan Arintina R. 2013. Nugget Tempe dengan Substitusi Ikan Mujair sebagai Alternatif Makanan Sumber Protein, Serat dan Rendah Lemak. Journal of Nutrition College. Vol. 2 (1): 1-9.

Kordi, M.G.H. dan A.B. Tancung. 2007. Pengelolaan Kualitas Air. PT Rineka Cipta, Jakarta

Pramono B.S. 2006. Efek Konsentrasi kromium (Cr+3) dan Salinitas Berbeda Terhadap Efisiensi Pemanfaatan Pakan Untuk Pertumbuhan Ikan Nila (Oreochromis niloticus) Tesis. UniversitasDiponegoro. Semarang.

Prosoeryanto, B.P., I.M. Ersa, R. Tiuria, dan S.U. Handayani. 2010. Gambaran Histopatologi Insang, Usus, dan Otot Ikan Mujair (Oreochromis mossambicus) yang Berasal dari daerah Ciampea, Bogor. Indonesian Journal of Veterinary Science and Medicine.Volume II Nomor 1.

Pamungkas, W. 2012. Aktifitas Osmoregulasi, Respon Pertumbuhan dan Energitic Cost pada Ikan yang Dipelihara dalam Lingkungan Bersalinitas. Media Akuakultur. Vol. 7 (1).

Syarif M.H. 2014. Karakteristik Bioakustik dan Tingkah Laku Ikan Mujair (Oreochromis mossambicus) terhadap Perubahan Salinitas. Skripsi Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Said, A. 2012. Budidaya Mujair dan Nila.Ganeca Exact.Yogjakarta.

Suyanto, M. 2006. 15 Rahasia Mengubah Kegagalan Menjadi Kesuksesan. Penerbit Andi. Yogyakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.