METODE GURU PENDIDIKAN AGAMA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA AL-QUR’ĀN SISWA SDN 1 KUTA BLANG KABUPATEN BIREUEN

Iskandar MA, Zahriyanti MA

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini berjudul “metode guru pendidikan agama dalam meningkatkan kemampuan baca al-qur’ān siswa sdn 1 kuta blang kabupaten bireuen”. Untuk mendapatkan jawaban dari tujuan penelitian tersebut, maka digunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan adalah dengan observasi (pengamatan), wawancara serta studi dokumentasi. Hasil penelitian tentang metode guru pendidikan agama dalam meningkatkan kemampuan baca al-Qur’ān siswa SDN 1 Kuta Blang menunjukan bahwa implementasi pengajaran membaca al-Qur’ān pada siswa SDN 1 Kuta Blang melalui Pelaksanaan metode Baghdadiyah dan Metode Iqra’. Metode yang paling sering digunakan adalah metode Baghdadiyah dan metode Iqra’ dalam membaca al-Qur’ān,  metode demonstrasi, pemberian tugas dan hafalan, Sehingga dengan adanya metode hafalan akan lebih meningkatkan membaca al-Qur’ān siswa dan membawa hasil yang baik dalam rangka meningkatkan kemampuan baca al-Qur’ān siswa SDN 1 Kuta Blang. Maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode yang diterapkan oleh guru pendidikan agama sudah maksimal. Namun demikian dalam rangka meningkatkan kemampuan baca al-Qur'ān siswa masih terdapat kendala-kendala yang dihadapi oleh guru pendidikan agama SDN 1 Kuta Blang yaitu kurangnya dorongan orang tua, karena pengaruh lingkungan yang tidak menentu, pengaruh globalisasi yang meningkat, serta kurangnya al-Qur’ān yang dimiliki oleh pihak sekolah.

 Kata Kunci: Metode, Membaca al-Qur’ān, Pendidikan Agama Islam.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Abul A’la al-Maududi, Esensial al-Qur’ān Bandung: Mizan, 1993

Ahmad dkk, Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta, 1991.

Ahmad Munir dan Sudarsono, Ilmu dan Seni Al-Qur’an, Jakarta: Rineka Cipta, 1994.

B. Matthew. Miles, A. Michael Huberman, Qualitative Data Analysis..., 1994

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Edisi 3, Jakarta : Balai Pustaka, 2003.

Dimyati dan Murdoko, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Proyek Pembinaan Mutu Tenaga Kependidikan Dikti, Depdikbud, 2002.

Ellianti, Pengaruh Tingkat Kompetensi Guru, Jakarta: Grasindo, 2006.

Fakhri Yakob, Benang Merah Perilaku Mengajar Guru, Jurnal Edukasi Media Komunikasi Pendidikan III, tt: 2007.

Hadari Nawawi, Pendidikan dalam Islam Surabaya: Al-Ikhlas, 1993

Masri Sareb Putra, Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini, Jakarta: Indeks, 2008.

Meleong, lexy, J, Metodologi penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.

Muhammad AR, Bunga Rampai Budaya, Sosial, dan keislaman, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2010.

Muhibbin Syah, Psikologi Belajar Mengajar, Jakarta : Grafindo Persada, 2003.

Mujiburrahman, dkk, Pendidikan Berbasis Syariat Islam di Aceh, Banda Aceh: Dinas Syari’at Islam Aceh, 2011

N.K Roestiyah, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.

S. Nasution, Metodologi Penelitian Naturalistik, Kualitatif, Bandung: Tarsito,1988.

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.