SISTEM PEMASARAN VIA E-MAIL: KEUNTUNGAN DAN KELEMAHANNYA

Muhammad Diah

Sari


ABSTRAK

Teknology informasi telah ikut mempengaruhi sistem pemasaran yaitu dengan menjadikan media elektronik dan fasilitas internet dalam memasarkan produk dan jasa. Hal ini dikenal dengan “e-commerce”. Salah satunya adalah dengan melakukan pemasaran via e-mail yaitu bentuk pemasaran langsung dengan cara menggunakan surat elektronik sebagai media komunikasi komersil dengan tujuan untuk memangkas biaya namun bisa memperoleh hasil yang maksimal. Dalam tulisan ini, penulis mencoba memberi gambaran tentang kelebihan dan kekurangan melakukan pemasaran via e-mail. Diakhir tulisan ini penulis memberikan beberapa saran yang dapat dilakukan oleh pelaku bisnis terutama bagi perusahaan pemula di Aceh khususnya di Bireuen yang akan maupun yang telah menggunakan e-mail sebagai media untuk melakukan pemasaran.

Kata kunci: teknologi informasi, e-commerce, pemasaran via email dan komunikasi komersil.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Agung, gregorius. 2001. Panduan Proaktis Berinternet untuk Pemula. Yogyakarta: panduan Yogyakarta

Assauri, Sofjan. 2004 Manajemen Pemasaran “Dasar, Konsep, dan Strategi”. Cetakan ketujuh. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Darmawan, I. 2004. Advertising: Beriklan melalui internet

Http://www.kompas.com/kem/artikel2.htm

Dharmesta, Basu Swastha. 2002. Azas-azaz Marketing. Yogyakarta: Liberty

Gitosudarmo, Indriyo. 2000. Manajemen Pemasaran. Edisi I. Yogyakarta: BPFE-UGM

Kennedy, Jhn E dan R Darmawan Soemanagara. 2006. Marketing Communication Tactic and Strategy, Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer

Kotler, Philip, dan Geri Armstrong. 2004. Dasar - Dasar Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Prehalind

Saladin, Djaslim. 2003. Intisari Pemasaran dan Unsur-Unsur Pemasaran. Cetakan ketiga Bandung: Linda Karya

Sugiyono. 2002. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Alfabeta

Suyanto, M. 2003. Strategi Periklanan pada E-commerce perusahaan Top Dunia. Yogyakarta: Andi


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.