PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH (Study Kasus Pada PT. Bank Aceh Cabang Bireuen)

Denni Firmansyah dan Saharuddin

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Aceh di Kabupaten Bireuen. Data yang digunakan sebagai sumber data adalah data primer yang didapatkan langsung dari sumber aslinya (Nasabah) dan data sekunder sebagai sumber data yang didapatkan secara tidak langsung melalui perantara. Populasi diambil dari sebagian Nasabah yang dimiliki oleh PT. Bank Aceh, peneliti menetapkan jumlah sampel sebanyak 100 orang responden yang menjadi nasabah Bank Aceh. Berdasarkan hasil penelitian, kualitas pelayanan yang diberikan oleh Bank Aceh belum maksimal, bahkan dapat dikatakan bahwa kualitas pelayanan masih perlu dikaji kembali agar nasabah mendapatkan kepuasan dari pelayanan Bank Aceh Cabang Bireuen. Berdasarkan hasil pengujian secara parsial, maka diketahui variabel kualitas pelayanan (X) memiliki nilai thitung sebesar 42.508 sedangkan ttabel adalah 1,660. Hal ini berarti thitung > ttabel, maka hasil penelitian menolak H0 dan menerima H1. Maka dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel kualitas pelayanan sangat berpengaruh terhadap variabel kepuasan Nasabah di Bank Aceh Cabang Bireuen.

Kata Kunci: Bank Aceh, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Nasabah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Alma, Buchari. 2005. Pemasaran Stratejik Jasa Pendidikan: Edisi 2. Bandung: Alfabeta, CV.

Assauri, Sofjan. 2012. Strategic Marketing: Sustaining LifeTime Costumer Value. Jakarta: Rajawali Pers.

Dalman. 2013. Menulis Karya ilmiah. Jakarta: Rajawali Pers.

Kotler, Philip dan Kevin Land Keller. 2006. Manajemen Pemasaran: Edisi 13 Jilid 1. Sugono. Ciracas. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Land Keller. 2006. Manajemen Pemasaran: Edisi 13 Jilid 2. Sugono. Ciracas. Jakarta: Erlangga.

Nasution, M.N. 2005. Manajemen Mutu Terpadu: Total Quality Manajemen. Bogor Barat: Ghalia Indonesia.

Rahmayanty, Nina. 2013. Manajemen Pelayanan Prima: Edisi 1. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiono.2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta, CV.

Umar, Husein. 2011. Metode penelitian: untuk skripsi dan tesis bisnis. Jakarta: Rajawali Pers.

Uma, Sekaran. 2006. Metodelogi Penelitian Unntuk Bisnis: Edisi 1. Jakarta: Salemba Empat.

Wibisono, Dermawan. 2006. Manajemen Kinerja: konsep, design dan teknik meningkatkan daya saing perusahaan. Ciracas, Jakarta: Erlangga.

Jurnal:

Amanullah, Alifian. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah: ( Studi Pada Pd. Bkk Wedi Kabupaten Klaten Cabang Karanganom ). Skripsi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Semarang.

Aulia, tamara. (2011). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa pada PT. Pelabuhan Indonesia IV (persero) Cabang Terminal Petikemas di Makassar. Skripsi. Fakultas Ekonomi UNHAS. Makassar.

Lovenia, Christiana Okky Augusta. (2012). analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Jateng Cabang Utama Semarang). Skripsi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Universitas Diponegoro. Semarang

Manurung, Merida. (2007). Pengaruh Kinerja Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah pada PT. Bank Jatim Cabang Malang.Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. Malang.

Yanti, Dewi Sudirman, (2011). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Produk Tabungan Britama Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang A. Yani Makassar”.Universitas Hasanuddin Makassar. Skripsi. Fakultas Ekonomi UNHAS. Makassar

Artikel: http://www.bankaceh.co.id/?page_id=111

http://www.bankaceh.co.id/?page_id=98 http://www.bankaceh.co.id/?page_id=15 http://expresisastra.blogspot.com/2013/09/

pengertian-populasi-dan- sampel.html

http://www.kajianpustaka.com/2013/04/ pengertian-faktor-pengukuran-kepuasan-konsumen.html

http://library.um.ac.id/free-contents/index.php/buku/detail/ser vice-quality-satisfaction-fandy- tjiptono-gregorius-chandra- 33613.html

http://www.statsdata.my.id/2014/06/uji- asumsi-klasik-regresi-linier.html

http://duwiconsultant.blogspot.com/2011/ 11/uji-multikolinearitas.html


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.