PENGARUH PENGGUNAAN RUMOH ACEH SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN GEOGRAFI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MITIGASI BENCANA (Studi Kuasi Eksperimen di SMAN 1 Peusangan Selatan Kabupaten Bireuen)

Cucut Satria Barona

Sari


ABSTRAK

Pembelajaran geografi di SMA Negeri 1 Peusangan Selatan dengan menggunakan kearifan lokal sebagai sumber belajar belum pernah diterapkan sebelumnya. Pengggunaan kearifan lokal Rumoh Aceh dalam topik mitigasi bencana dilakukan menggunakan metode karyawisata dan media audio visual berupa video. Tujuan penelitian untuk menganalisispemahaman konsep mitigasi bencana peserta didik kelas X melalui Rumoh Aceh sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan metode karyawisata dan video dalam proses pembelajaran di SMAN 1 Peusangan Selatan Kabupaten Bireuen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik SMAN 1 Peusangan Selatan pada semester genap tahun ajaran 2014/2015, sampel penelitian peserta didik kelas X IS sebanyak 48peserta didik dengan teknik purposive sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan test, lembar kerja siswa dan angket.Teknik analisis data menggunakan statistik uji normalitas, homogenitas dan uji T dengan bantuan SPSS statistic 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat perbedaan hasil belajar pemahaman konsep mitigasi bencana pada peserta didik yang menggunakan Rumoh Aceh sebagai sumber belajar dengan menggunakan metode karyawisata di kelas eksperimen sebelum dan sesudah perlakuan, 2) terdapat perbedaan hasil belajar pemahaman konsep mitigasi bencana pada peserta didik yang menggunakan Rumoh Aceh sebagai sumber belajar dengan menggunakan video di kelas kontrol sebelum dan sesudah perlakuan, 3) tanggapan peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran menggunakan metode karyawisata sangat baik. Pelaksanaan pembelajaran karyawisata memiliki kendala terkait persiapan dan pelaksanaan.

Kata Kunci :Rumoh Aceh, Sumber Belajar, Pemahaman Konsep, Mitigasi Bencana.


Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Cresswell. J. W. (2010). Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed (Fawaid, Achmad). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Husamah. (2013). Pembelajaran Luar Kelas. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Maryani, Enok. (2015). Kecerdasan Ruang dalam Pembelajaran Geografi. Makalah yang Disajikan dalam Seminar Nasional dengan Tema Peringatan Hari Bumi untuk Meningkatkan Kecerdasan Ruang.

Meltzer, D.E. (2000). The Relationship Between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gain in Physics: A Possible “Hidden Variable In Diagnostic Pretest Score. American Journal of Physics.70 912).1259-1268.

Permana, C.E.R.,Nasution, P.I,. & Gunawijaya, J. (2011). Kearifan Lokal tentang Mitigasi Bencana pada Masyarakat Baduy. Makara, Sosial Humaniora, 15(1), pp. 67-76.

Prasetya, P. S. (2014). Media Pembelajaran Geografi. Yogyakarta: Ombak.

Ruliani. (2014). Rumoh Aceh Kajian dari Sisi Kearifan Lokal untuk Mitigasi Bencana. Bandung : Rizqi Press.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.